Mobil Terbang PAL-V Liberty Kantongi Sertifikasi EASA

Mobil Terbang PAL-V Liberty Kantongi Sertifikasi EASA

KabarOto.com – Industri otomotif terus bergerak, setelah mobil listrik dan pengembangan kendaraan otonom. Babak baru terjadi setelah mobil terbang ini mendapatkan izin beroperasi di jalan raya.

Izin beroperasi tersebut didapatkan oleh PAL-V yang merupakan perusahaan asal Belanda yang mengantongi sertifikasi penuh dari EASA (European Union Aviation Safety Agency).

Baca Juga : Mobil Terbang Asal Turki Sukses Uji Coba Perdana

EASA sendiri merupakan badan yang bertanggungjawab memastikan keselamatan dan perlindungan lingkungan transportasi udara di Eropa. Badan ini memiliki cakupan bidang yang luas di bidang penerbangan.

Butuh waktu 10 tahun untuk melakukan pengujian dan EASA menuntaskan persyaratan sertifikasi untuk PAL-V Liberty.

Baca Juga : Tengah Kebut Pengerjaan Mobil Terbang, Hyundai Malah Di Tinggal Pimpinan Proyek

Robert Dingemansi, CEO PAL-V mengatakan bahwa, “Meskipun kami pebisnis berpengalaman, tapi kami belajar bahwa dunia penerbangan sangat ketat. Kami butuh waktu 10 tahun untuk merealisasikan semua ini.”

Sebelumnya, PAL-V mengajukan sertifikasi spesifikasi Helikopter Kecil CS-27 kepada EASA. Setelah itu keduanya mengubah daftar lengkap, meliputi lebih dari 1.500 kriteria, agar bisa mendapatkan sertifikasi itu. Daftar itu diterbitkan tahun lalu untuk ditinjau oleh pakar industri dan versi finalnya telah diterbitkan pada pekan lalu.