Mobil Terbang Asal India Ini Bisa Berada Di Ketinggian 3.000 Kaki

Mobil Terbang asal India Ini Bisa Berada di Ketinggian 3.000 Kaki Mobil terbang Vinata Aeromobility (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Semakin padatnya jalan raya di berbagai negara dunia, membuat banyak perusahaan non otomotif yang membuat mobil terbang. Kali ini sebuah perusahaan Starup adal Chennai, India membuat mobil terbang hybrid yang diklaim pertama di Asia.

Mobil terbang bernama Vinata Aeromobility ini, menggabungkan antara tenaga listrik dan konvensional. Dilansir dari Zeenews, Kamis (23/09), mobil terbang ini bisa menggunakan bahan bakar nabati.

Baca Juga: Pemerintah Jepang Izinkan Mobil Terbang Beroperasi Mulai Tahun 2025

Vinata Aeromobility, akan diperkenalkan pada ajang Helitech Expo 2021 di ExCel London, Inggris, Oktober mendatang. Dalam peluncuran nanti, Menteri Penerbangan Sipil India, Jyotiraditya Scindia dipastikan hadir.

Vinata Aeromobility (Foto: Istimewa)

Jyotiraditya mengaku bangga dengan mobil terbang hybrid ini. Karena akan mengemban tugas penting ke depan. Dia mengaku senang sudah diperkenalkan dengan model konsep mobil terbang Hybrid Pertama di Asia yang akan segera menjadi mobil terbang oleh tim muda Vinata AeroMobility.

"Setelah ini lepas landas, mobil terbang akan digunakan untuk mengangkut orang dan kargo, serta untuk menyediakan layanan darurat medis,” terang Jyotiraditya. Perusahaan Chennai memang memiliki ilmuwan luar angkasa terkemuka dari ISRO, Dr A.E.

Vinata dilengkapi panel instrumen digital dengan kecerdasan buatan (AI), terdapat pelacak GPS, kanopi jendela panorama, dengan pemandangan 360 derajat, sampai sistem hiburan. Untuk spesifikasinya, Vinata ditenagai baterai listrik dan mendapat Hybrid Electric VTOL (Vertical Take-Off Landing).

Baca juga: Harga Mobil Terbang Diprediksi Bakal Lebih Mahal Dibandingkan Supercar

Untuk lepas landas dan mendarat, mobil terbang ini akan melakukannya dengan vertikal. Mobil terbang ini bisa melaju 100 sampai 120 kpj dengan waktu penerbangan 60 menit dengan ketinggian 3000 kaki.