POPULAR STORIES

Mobil Terkena Hujan Jangan Langsung Keringkan

Mobil Terkena Hujan Jangan Langsung Keringkan

KabarOto.com – Mencuci mobil merupakan salah satu membuat tampilan kendaraan menjadi lebih bersih, juga menjadi salah satu upaya merawat kendaraan. Menjengkelkan pastinya apabila setelah mobil bersih, tiba-tiba kembali diguyur hujan.

Namun jangan pernah langsung mengeringkan air hujan yang ada di bodi kendaraan ya sob!

Kebiasaan mengeringkan langsung air hujan dari bodi mobil akan membuat bodi lecet halus. Karena kita tidak tahu partikel apa yang dikandung oleh air hujan tersebut, apalagi setelah mobil dari perjalanan dan pasti terkena debu.

Baca juga: Jangan Pakai Wax, Stiker Doff Bisa Cacat

“Jangan langsung dilap, sebab kandungan air hujan itu biasanya sudah tercampur debu atau batu kecil didalamnya. Apabila dilap langsung, lama kelamaan debu dalam air hujan akan menimbulkan baret halus atau swirl, seperti sarang laba-laba,” papar Nugroho, Supervisor PPS Autoshine.

Cara paling tepat adalah dengan menyemprot mobil dengan tekanan air tinggi terlebih dahulu, tujuannya supaya kotoran terbawa air terlebih dahulu. Apabila dirasa kotor, dapat menggunakan sampo khusus mobil dan diusap menggunakan spons atau lap microfiber secara merata seluruh bodi, lalu segera bilas.

Setelah dibilas menggunakan air tekanan tinggi segera keringkan.

Baca juga: Cara Bersihkan Jok Mobil Sesuai Materialnya

Baru keringkan menggunakan lap plaschamois, water magnet, atau lap microfiber. Perlu diingat, lap pengering harus bersih dari kotoran semacam pasir, atau batuan kecil. Sebab apabila tersangkut di lap dan diusap ke bodi bisa menimbulkan baret.

Terakhir sebagai finishing kalian bisa menggunakan cairan coating agar melindungi kendaraan kalian ketika hujan, supaya air tidak mudah menempel. Coating tidak harus ceramic coating, bisa menggunakan wax, sealant, graphene dan sebagainya yang banyak di pasaran.