POPULAR STORIES

Mobil Tubular Gunakan Komponen Andal Dari Amerika

Mobil Tubular Gunakan Komponen Andal dari Amerika

KabarOto.com - IMX 2019, yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu 28-29 September 2019 lalu. Memang menampilkan mobil-mobil dengan modifikasi kelas dunia. Mulai dari mobil-mobil sport, hingga mobil off road unik yang satu ini.

Mobil ini terlihat tidak biasa, terbuat dari rangka-rangka yang disusun. Biasanya disebut sebagai mobil tubular, atau mobil buggy. Mobil garapan bengkel ProRock yang bermarkas di Solo, Jawa Tengah, memang berfokus menggarap mobil-mobil offroad.

ProRock juga biasa menggarap mobil-mobil tubular seperti ini. Untuk digunakan di kompetisi-kompetisi off road. Mobil ini tidak mengambil basis mobil apapun.

Waktu yang dibutuhkan pun terbilang cukup singkat. ProRock mampu menggarap mobil seperti ini, hanya dalam 3 bulan.

Baca juga: Karma Buat Body Kit Baru Untuk Lamborghini Aventador

Rangka dibuat sendiri ole ProRock

Meskipun rangkanya dibuat sendiri, namun komponen yang digunakan kebanyakan berasal dari Amerika.

Secara tampilan, mobil ini terlihat unik sekaligus sangar. Rangkanya berkelir merah marun, berpadu dengan bodi berkelir kuning. Bagian depannya menggunakan lampu model bulat.

Bagian sokbreker depan dan nelakang menggunakan merek Ori Struts asal Amerika.

Rangka dibuat sendiri dan dilabir warna merah marun

Sementara untuk gardan depan dan belakang dibuat sendiri oleh ProRrock. Bagian steeringnya menggunakan steering hidrolik merek PSC, yang juga berasal dari Amerika.

Ke bagian sampingnya, ada detail-detail yang disematkan oleh ProRock di mobil tubular ini. Seperti skid plate di bagian sampingnya. Untuk perlindungan tambahan ketika melibas medan off-road.

Ke bagian rodanya. Bagian rodanya menggunakan pelek merek Pako. Yang merupakan pelek lokal. Pelek ini dibalut dengan ban off-road dari Maxxis. Untuk sektor pengeremannya, mobil ini sudah menggunakan rem cakram.

Baca juga: Honda Civic Estilo 4WD Ini Punya Target 800 Dk Untuk 'Main' Di Kelas FFA

Gunakan gardan hasil rancangan sendiri

Kemudi dari mobil ini berada di bagian tengah, dan hanya dapat menampung 1 orang saja. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan jok model bucket, dilengkapi dengan sabuk pengaman 4 titik dari Simpson.

Bagian setirnya menggunakan produk Lonarce. Setir ini terhubung dengan steering hidrolik di bagian depan.

Secara tampilan, bagian belakangnya didominasi oleh radiator dan mesin. Radiator yang terletak di bagian atas ini memang terlihat cukup besar. Menyesuaikan dengan mesinnya. Agar pendinginan mesinnya dapat maksimal.

Mesin V8 sebagai sumber tenaga

Jantung mekanis mobil ini mengandalkan mesin Chevrolet berkode LS menggunakan konfigurasi silinder V8, dengan kapasitas sebesar 6.000 cc, mesin ini juga telah di remap oleh ProRock, tenaga maksimalnya kini mencapai 375 dk.

Tenaga mesin ini disalurkan ke keempat roda menggunakan transmisi custom TH 400. (Gregorius Nikolaus.P)

Berita Terkait

Berita Terkait