Modifikasi Didukung Pemerintah, Kemenperin Siapkan RSKKNI

Modifikasi Didukung Pemerintah, Kemenperin Siapkan RSKKNI

KabarOto.com - Mewabahnya Covid-19 di Indonesia tak menghentikan semangat modifikator hadir di Trending Workshop National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) 2020. Dimulai dari kota Pekanbaru pada (14/03) workshop ini digelar di SKA Convention and Exhibition Center.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, serta e-commerce Tokopedia sebagai main sponsor IMX 2020 dan Suzuki Indonesia sebagai salah satu merek Otomotif di pasar Indonesia.

Baca Juga: Modifikasi Simpel Untuk Honda Odyssey RB3 Jadi Sporty

"Kami senang bisa mengadakan edukasi melalui Trending Workshop di Pekanbaru, apalagi bersamaan dengan kegiatan modifikasi lokal, CarFest," ujar Andre Mulyadi, selaku pendiri dari asosiasi aftermarket NMAA.

Diikuti oleh sekitar 100 orang, minat modifikasi di pulau Sumatera khususnya di Pekanbaru termasuk besar. Bahkan kualitasnya juga semakin terarah.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Corolla DX KE70 Jadi Obat Nostalgia Balap Di Zamannya

"Maka Pekanbaru rasanya tepat untuk dijadikan lokasi awal dimulainya rangkaian Trending Workshop tahun ini," tambah Andre.

Ratusan orang yang mengikuti workshop ini hadir dari berbagai kalangan seperti komunitas mobil, pecinta otomotif, serta modifikator. Trending Workshop NMAA 2020 Pekanbaru diisi berbagai informasi dan trend modifikasi.

Pemaparannya diberikan para creative leader sepert Andre Mulyadi, Aris Harvenda selaku NMAA Steering Committee, dan Yomin Sugianto sebagai pendiri Yoong Motor Group.

Kerennya, Trending Workshop 2020 Pekanbaru juga dihadiri oleh Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin RI.

Di kesempatan ini Putu Juli Ardika memberikan sosialisasi terkait Rancagan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) untuk modifikator. Dimana hal ini menjadi bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Indonesia melalui Kemenperin.

Baca Juga: Kurang Puas Dengan Tampilan BMW X5, Ammar Zoni Modif Bagian Interior

Terkait RSKKNI akan digunakan sebagai acuan atau standar dalam hubungannya dengan kemampuan kerja yang meliputi aspek keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang susai dengan pelakasanaan tugasnya.

SKKNI Modifikasi nantinya bisa mencetak tenaga kerja terutama di sektor industri modifikasi yang bersertifikasi dan berkompetensi yang diakui nasional.

Nah, adanya tenaga kerja bersertifikasi juga diharapkan membuat perubahan ekosistem modifikasi. Sehingga tumbuhnya kreativitas bisa membuat produk modifikasi berkualitas yang berstandar nasional.