POPULAR STORIES

Modifikasi Ducati Monster Café Racer

Modifikasi Ducati Monster Café Racer

KabarOto.com - Motor custom, memang menjadi sesuatu yang digandrungi oleh para pecinta roda dua. Terutama bagi mereka yang ingin tampil berbeda, dengan motor berpenampilan unik. Bentuk motor-motor custom pun memang beragam, dengan ciri khasnya masing-masing.

Selain itu, juga terdapat berbagai aliran custom. Sebut saja scrambler, tracker, café racer dan sebagainya. Berbasis berbagai model atau jenis motor pun bisa dilakukan ubahan costum, seperti yang dilakukan oleh Moto Adonis modifikator asal Belanda pada Ducati Monster S4R.

S4R adalah varian Ducati Monster dengan tenaga terbesar pada eranya. Motor bertipe naked ini, pertama kali diluncurkan pada 2003. Motor ini mendapatkan sentuhan tangan dingin Moto Adonis, akhirnya motor lawas ini telah benar-benar berubah wujud. Menjadi motor custom menarik dengan aksen-aksen yang unik.

Baca juga: Mesin 2 Silinder Masih Jadi Pilihan Ducati Di Motor Barunya

Seperti di bagian depannya, yang menggunakan bentuk batok berbentuk unik. Dengan model bilah-bilah tajam, menggantikan bagian lampunya. Lengan ayun depannya menggunakan semacam penutup, dengan detail-detail seperti tulisan DUC92. Dimana angka 92 ini adalah tahun pertama Ducati meluncurkan Ducati Monster.

Bagian penutup ini, menyembunyikan sokbreker bawaannya. Yang menggunakan sokbreker tipe USD, merek Showa berukuran 43mm. Untuk bagian lampunya. Lampu motor ini sudah dipindah, dari tempat semestinya. Motor ini sudah menggunakan lampu LED yang ditempatkan di bagian bawah kaki-kaki.

Bagian peleknya pun sudah dimodifikasi. Agar aura motor customnya semakin kental menggunakan pelek model jari-jari dibalut ban berukuran gambot. Sementara kemudi motor ini terlihat sangat unik, menggunakan model jepit. Selain itu, bagian lain yang unik adalah spidometer yang menggunakan model digital.

Bagian tangkinya juga terbilang unik, karena dibuat menyatu dengan bagian joknya. Bagian tangki dan jok ini juga telah disematkan aksen berupa lengkungan. Sehingga motor ini benar-benar telihat menarik dari samping.

Baca juga: Ducati Streetfighter V4, Versi Naked Dari Panigale V4

Nah ternyata tangki dan jok model menyatu ini, mengambil inspirasi dari beberapa hal. Salah satunya adalah ikan paus. Hasilnya, bagian tangki ini terlihat cocok, berpadu dengan rangka teralis khas Ducati Monster dan logo Moto Adonis di bagian atas tangki. Selain itu, juga ada sepasang logo Ducati lawas. Yang disematkan di bawah jok. Untuk bagian knalpotnya juga terlihat menarik. Karena posisi muffler yang cukup tinggi.

Bagian bokong terlihat unik dengan buntut model tawon. Untuk bagian kaki-kaki belakangnya, motor custom ini tetap mempertahankan swing-arm model single sided arm. Tidak lupa pelek belakang model jari-jari agar serasi dengan bagian depannya.

Yang juga menarik dari motor ini adalah proses pemasangan radiatornya. Melansir Moto Adonis, pemasangan radiatornya agak sulit. Radiator bawaan motor ini berukuran terlalu besar. Sehingga harus dipotong dan dicustom. Wah, demi tampilan, radiatornya pun dikorbankan ya.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin dengan konfigurasi L-Twin khas Ducati Monster, berkapasitas 996 CC. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 113 dk pada putaran mesin 8.750 RPM. Sementara torsi maksimalnya ada di angka 95,5 Nm pada putaran 7.000 RPM. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan.

Wah, memang namanya motor custom. Pasti punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing ya. (Gregorius Nikolaus.P)