Modifikasi Hyundai Ioniq 5, Racikan Audio Mobil Listrik Pertama Di Indonesia

Modifikasi Hyundai Ioniq 5, Racikan Audio Mobil Listrik Pertama di Indonesia Foto: Kipli, KabarOto

KabarOto.com - Cartens Audio Indonesia selaku workshop audio yang sering kebagian permintaan rombakan sistem hiburan dalam mobil premium, kini mengoprek mobil listrik dalam instalasi audio dan peredaman di mobil elektrik.

Kali ini, Cartens Audio diberikan kepercayaan besar oleh konsumennya untuk melakukan instalasi peredaman sekaligus modifikasi audio di Hyundai Ioniq 5.

"Kendala, atau bisa kami bilang tantangan merombak sistem audio mobil ini lebih kepada project itu sendiri, ini pertama kalinya kami mengerjakan modifikasi audio di mobil berbasis full electric atau murni listrik," ujar Eddie Susanto selaku punggawa workshop kepada KabarOto di Jakarta Selatan.

Instalasi peredaman merupakan proses awal yang dilakukan oleh Cartens Audio sebelum membangun sistem audio dengan klasifikasi Sound Quality (SQ) di mobil tersebut.

"Peredaman dilakukan di seluruh area interior mobil dengan menggunakan 2 lapisan bahan peredam yaitu bahan butyl rubber dan foam di area pintu, lantai dan sepatbor," beber Eddie, sapaan akrabnya.

Baca juga: Rombak Workshop, Cartens Audio Ingin Jadi One Stop Shopping Pecinta Audio

Bahan peredaman yang dipilih oleh Cartens Audio, klaimnya, selain harus berkualitas baik juga harus ramah lingkungan, bebas bau tak sedap dan yang paling penting aman bagi kesehatan penumpang.

Eddie, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa tim Cartens menginisiasi pengerjaan mobil tersebut dengan melakukan assessment atau dengan kata lain, melihat rangkaian elektronik atau kabel standar bawaan pabrik mobilnya.

"Speaker orisinalnya Ioniq 5 sudah menggunakan Bose 8 channel, saya menyempurnakannya, kami pun mempelajari jalur kelistrikan terutama penambahan jalur kabel power untuk sistem audio tambahan," jelasnya.

Sistem audio mobil bawaan dari mobil ini ditingkatkan kualitas suaranya dengan penggunaan speaker 3way dari Focal Utopia M Series, dengan penempatan midbass tetap di tempat orisinal yakni bagian door trim.

Menambah kenyamanan berkendara bersama keluarga, konsep Speaker RSE (Rear Speaker Effect) ditempatkan dibagian pilar belakang untuk menambah ambience sound terutama untuk penumpang di kursi belakang.

Baca juga: Ini Spesifikasi Dan Harga Audio Yang Menempel Di Mobil Maskot Cartens Autosound

Selama kurang lebih 2 bulan, Eddie dan tim mengaku mengupayakan untuk membuat audio Ioniq 5 optimal tanpa harus mengorbankan kabel standar mobilnya.

Ia bilang, jalur kabel audio tambahan fokus pada jalur signal dan kabel power audio agar tak mengganggu kelistrikan baterai mobil. Salah satunya amplifier Bose bawaan aslinya, tetap dipertahankan namun tidak dalam kondisi tersambung.

Sebagai bocoran, biaya yang dihabiskan untuk membangun sistem audio di Hyundai Ioniq 5 ini menghabiskan dana sekitar Rp 200 jutaan.

Semua modifikasi audio ini diklaim mempertahankan orisinalitas mobil, sehingga dapat dikembalikan ke kondisi standar dengan mudah di kemudian hari.

Spesifikasi

  • 2 unit speaker Focal Utopia M Series (3 Way depan, 2 way belakang)

  • 1 unit subwoofer JL Audio 12 inci

  • 1 unit processor Audisson Bit One

  • 1 unit amplifier Audison Monoblock

  • 2 unit amplifier Ground Zero Plutonium

  • Kabel dan sekering Harmonic Harmony

  • 1 unit capacitor bank NRG 100 farad

  • Modul BT 5.0 Audison

  • Fiio digital audio player external