POPULAR STORIES

Modifikasi Mazda MX-5 Miata Pakai Mesin Corvette V8

Modifikasi Mazda MX-5 Miata Pakai Mesin Corvette V8

KabarOto.com – Mazda MX-5 Miata adalah mobil sedan jenis roadster, di negara asalnya, Jepang, mobil ini cukup populer. Sejatinya mobil ini diperuntukan untuk berkendara santai. Namun, siapa sangka mobil berdimensi kecil ini menggendong mesin milik Chevrolet Corvette.

Dilansir dari carbuzz, Keith Tanner selaku pencetus ‘Flyin Miata’ melakukan cangkok mesin untuk roadster mungil ini. Untuk paket upgrade teranyar ‘habu conversion V8’, selain mesin ada perubahan sasis agar kuat meng-handle tenaga dan torsi besar. Bicara soal dapur pacu mobil ini memakai mesin V8 LS3 Lingenfelter buatan General Motor berkapasitas 6.200 cc menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 574 Nm.

“Untuk proyek terbaru, kita akan memakai mesin Lingenfelter yang akan menghasilkan tenaga hingga 525 dk dengan sistem fuel pump bawaan,” ungkap Tanner

Baca juga: Segera Digelar, Berikut Promo Menarik Selama IMX 2019

Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual Tremec T56 enam percepatan, kopling dan flywheel dari Corvette Z06, sementara differential dari GM yang digunakan oleh Camaro. Selain itu paket ini juga menawarkan aluminum driveshaft, heavy-duty halfshaft, catalytic converters lansiran Magnaflow, kaliper rem empat piston dari Wilwood, stainless-steel headers, custom dual-pass crossflow radiator, twin electric cooling fans dan menggunakan specially-tuned coilover dari Fox Racing dengan anti-roll bar besar.

Bobot mobil ini pun ikut bertambah, untuk Miata standar beratnya hanya 1.043 kg setelah mendapatkan upgrade menjadi 1.175 kg.

Baca juga: RetroActive, Berawal Dari Obrolan Satu Hobi

Bagian eksterior mengubah bagian pelek saja, menggunakan Advanti Storm berukuran 17 inci dibalut ban Bridgestone Potenza. Untuk menandakan mobil ini spesial ada emblem ‘Flyin Miata Habu V8’ di balik kap mesin. Selain itu bagian interior pun tidak berubah, karena untuk modifikasi seperti ini terhalang oleh ECU Mazda yang tidak membolehkan beberapa part yang diubah.

“Modifikasi untuk Miata baru ini terhalangi karena ECU-nya yang tidak membolehkan mengubah bagian penting pada mobil ini,” ungkap Tanner.

Pihak FM pun bekerja sama dengan MRS Electronic untuk mengakali ECU ini, berkat dari kerja sama ini lahir lah ‘FM magic box’ yang dapat mengakali ECU.

Dari hasil pengetesan mobil ini dapat berlari 0-100 kpj tuntas dalam 3.9 detik dengan top speed 197 mph (317 kpj). Bicara soal harga, paket upgrade ini perlu mengeluarkan dana US$65,000 atau sekitar Rp 927 jutaan. (Rizky Hidayat)