POPULAR STORIES

Modifikasi Mitsubishi Lancer MCRacing Incar Performa 'Zero Lag' Pakai Twin Charger

Modifikasi Mitsubishi Lancer MCRacing Incar Performa 'Zero Lag' Pakai Twin Charger Modifikasi Mitsubishi Lancer MCRacing Incar Performa 'Zero Lag' Pakai Twin Charger (Kipli)

KabarOto.com- Perangkat induksi turbocharger maupun supercharger kerap digunakan para tuner mesin untuk meningkatkan daya dan efisiensi performa kendaraan. Namun, apa jadinya jika keduanya digunakan dalam satu mesin?

Hal itulah yang dilakukan oleh Andre Pratama selaku Punggawa MCRacing, yang membangun sebuah Mitsubishi Lancer Evolution V dengan garapan terbilang serius, yakni mengincar 'zero lag' atau menghilangkan hambatan pada mesin induksi menggunakan supercharger dan turbocharger.

Kombinasi tersebut kerap disebut dengan istilah twin charger. Andre melakukan instalasi turbocharger dari PTE atau Precision Turbo dikombinasikan dengan supercharger merek Eaton.

Baca Juga: Balancer Shaft Jadi Obat Getar Dan Loyo Mesin 3 Silinder, Ini Penjelasannya

"Agar internal kuat, crankshaft pakai material billet dengan stroker kit 2.100 cc. Pistonnya dari merek CP HD dengan connecting rod merek Drag Cartel," beber Menir, sapaan akrabnya.

Pun demikian dengan bagian cylinder head yang telah disesuaikan dengan perhitungannya ditambah penggunakan camshaft dari GSC. Sedangkan untuk urusan pipa dan fabrikasi, semua dilakukan secara custom oleh MCRacing.

Urusan pendingin perangkat induksi tersebut digunakan intercooler merek HKS lengkap dengan oil coolernya. Sedangkan AEM Infinity ECU dipercaya sebagai pengatur atau 'otak' sang mobil sendiri.

Baca Juga: Mitsubishi Lancer GLXi 2001 Ini Mesin Pembunuh Di Drag Race Kelas 12 Detik 402 Meter

Urusan suplai bahan bakar, pria lulusan fakultas robotik itu mempercayakan merek DBW. Menyalurkan tenaga ke roda, koplingnya sudah dilengkapi tipe triple clutch dari OS Giken yang terpasang di girboks tipe Evolution RS dan LSD dari Cusco tersebut.

Selesai urusan mesin, kestabilan mobil dijaga oleh kaki-kaki dari Tein dengan tipe coilover 2-way yang dikombinasikan per Swift springs. Makin aman, mobil ini sudah terpasang rem Brembo 4pot diameter cakram 355 mm dengan kampas Endless.

Tak hanya kencang, mobil ini juga kerap menghiasi berbagai pameran modifikasi akbar di tanah air, dan membuat penasaran para pengunjung yang antusias dengan racikan mesinnya. Keren!

Spesifikasi

Mesin

- Eaton supercharger
- 2.1L billet stroker crankshaft with CP HD forged pistons and Drag Cartel Cromoly rods
- GSC cams and valvetrain
- Precision turbo
- HKS intercooler & oil cooler
- MCR turbo manifold
- MCR complete charge pipes, all with Adel Wiggin clamps
- MCR complete exhaust
- AEM Infinity ECU with Bosch DBW system
- Hypertune billet valve cover
- OS Giken triple plate clutch
- RS transmission
- Kansai final drive


Kaki-kaki

- Tein 2-way coilovers
- Swift springs
- Cusco LSDs
- RS differentials
- 355mm Brembo 4pot front brake with Endless pads
- Rays TE37 OG 17x9 +22 rims
- Advan Neova tires


Interior

- Recaro SR7 in Alcantara leather
- Nardi steering wheel with green stitch
- Ralliart cluster with 10K RPM tach
- All new rubbers, seals, and covers