POPULAR STORIES

Modifikasi Sleeper Honda Civic Nouva, Jangan Anggap Remeh!

Modifikasi Sleeper Honda Civic Nouva, Jangan Anggap Remeh! Sumber : Super Street

KabarOto.com – Tren modifikasi Honda Civic lawas sedang banyak peminatnya, tidak hanya di Indonesia tapi juga merambah ke negara seperti Amerika Serikat.

Seperti yang dilakukan salah satu owner Civic EF9 (Kode body Honda) tahun 1989 bernama Nick Higgins asal Canada ini. Dia memodifikasi mobilnya tersebut mengusung gaya sleeper, di mana tidak terlalu banyak aksesori berlebihan bahkan cendrung seperti originalnya saja, tapi menariknya adalah di balik tampilan kalemnya tersebut. Banyak part aftermarket performa tinggi yang dicangkokkan.

Untuk eksteriornya, Nick tidak mau neko-neko soal tampilan, kebanyakan part body diambil dari standar EF9 versi Japan Domestic Market (JDM) dan European Domestic Market (EDM). Seperti bumper depan, side skirt tipis, bumper belakang, serta stoplamp menggunakan JDM, dan lampu utama material kaca versi EDM. Sebagai pemanis ada spoiler Chargespeed lengkap garnis indiglow dari Honda Access. Tampilan tersebut makin sempurna karena baluran warna Grand Prix White khas Honda TypeR.

Baca Juga : Ini Dia Honda S2000 Paling Spesial Di Indonesia

Selanjutnya untuk bagian kaki-kaki, Nick menggunakan pelek Rays Gram Lights 57CR ukuran 15 inci lebar 7, serta offset 35. Dibalut ban performa tinggi lansiran Toyo Tires R888R ukuran 225/45 R15 agar semakin lengket mobil dengan aspal.

Dari sektor pengereman dan suspensi juga tidak lupa di-upgrade nih. Remnya sudah mengaplikasi kepunyaan Mini Cooper yang lebih besar dan tidak hanya itu kalipernya sangat unik karena dicangkok dari Porsche Boxter tahun 2008 loh, lengkapnya lagi slang rem memakai stainless merek Earls’s.

Baca Juga : Honda Civic Estilo 4WD Ini Punya Target 800 Dk Untuk 'Main' Di Kelas FFA

Suspensinya garapan Function and Form Type 2 coilover yang bisa diatur tinggi rendahnya dan keras empuknya bantingan. Lalu diperkuat lagi sway bar ST, sementara toe arms, rear lower arms, serta trailing arm garapan PCI Racing. Pokoknya paket lengkap ini buat Civic EF9 makin rigid dan percaya diri ketika melahap tikungan cepat.

Nah paling menarik ada di balik kap mesin nih, sebab tenaga penggerak sudah tidak standar melainkan diganti dengan K24A1, dengan silinder head kepunyaan K20A2, lalu stang piston Wiseco 87.5, bearing menggunakan ACL, Drag Cartel Camshafts, Throttle body diperbesar 90 mm lansiran K-Tuned, Skunk2 Manifold, serta injektor ID 1.050 cc demi suplai BBM lebih banyak ke ruang mesin, dan masih banyak lagi part modifikasi pada internal mesin ini. Kelengkapan lainnya seperti Myers Competition header, Vibrant oil catch tank, selang racing dari XRP Racing HS79, engine mounting Hasport, serta Rywire titanium coil cover agar tampilan mesin makin keren.

Masuk ke kabinnya, jangan harap ada fitur kenyamanan seperti pemutar musik, AC, TV dan sebagainya. Karena yang kita dapatkan adalah interior trondol menyisakan dasbor dan sebuah jok saja, sisanya diperuntukan performa. Dasbornya sendiri dibalut oleh bahan suede agar cahaya matahari tidak memantul ke kaca, lalu jok menggunakan bucket seat Sparco Circuit 2 lengkap sabuk pengaman 6 titik, tuas transmisi, K-Tuned Race Spec shifter, setir R 353 bahan suede, AIM MXP Multi Cluster, sisanya ada rollcage 8 titik demi melindungi mobil ketika terbalik.

Bagaimana menurut kalian mobil ini, walau bagian luar terlihat kalem, tapi siapa bisa tebak bahwa mesinnya begitu besar. Lalu patut diapresiasi pada bagian interior, sebab walau mengusung tema racing di dalam, tapi kerapihan setiap komponen begitu diperhatikan oleh pemiliknya. Keren sob!