Modifikasi Toyota Fortuner VNT Ala Mahasiswa Pecinta Anime

Modifikasi Toyota Fortuner VNT Ala Mahasiswa Pecinta Anime Foto : Deddy / KabarOto

KabarOto.com – Tren modifikasi diesel mulai diminati di kalangan kawula muda masa kini, mesin diesel Toyota seperti 2KD atau 2GD jadi paling populer untuk dimaksimalkan hingga menghasilkan tenaga dan torsi luar biasa.

Seperti yang dilakukan oleh Dillon Wiratama ke Toyota Fortuner G tahun 2013 miliknya. Pecinta anime Jepang itu punya selera sendiri agar modifikasinya anti-mainstream.

Misalnya dari bagian bodykit, ia memilih untuk melakukan upgrade tampilan luar dengan gaya OEM dari tipe TRD. Serta supaya terkesan lebih modern, dipasangkan juga lampu rem LED aftermarket model Toyota Land Cruiser. Tidak lupa beberapa ornamen stiker anime sesuai kegemarannya, dan frame plat nomor ala JDM dari Toyota di bagian belakang.

Baca Juga : Konsep Modifikasi Total Anak Kampus Di Mitsubishi Galant VR-4

"Jadi konsep gue racing, tapi ada kesan anime karena gue suka. Pokoknya biar tampil beda, lalu kenapa pilih TRD itu karena agar mobilnya terkesan sedikit ceper jadinya sporty karena aslinya ini tipe G," ujar sang owner.

Untuk peleknya, Dillon memilih model TE37 XT lansiran JF Luxury ukuran 18 inci, lebar 9 dan offset 10. Dibalut dengan ban Bridgestone Dueler HT ukuran 265/60 R18.

Tidak hanya itu, bagian suspensi dan sistem rem juga sudah di-upgrade, per menggunakan Tein H-Tech buatan Jepang agar tidak terlalu ceper dan masih nyaman dipakai harian. Sistem rem memakai discbrake Runstop Thailand yang memiliki lubang dan alur sebagai pelepas panas, kampas rem Bendix, dan selang rem Hel agar performa rem lebih konsisten.

Baca Juga : Audi R8 Ini Hanya Bertransmisi Manual 6 Percepatan, Jangan Dilawan!

Karena bodinya besar, dan ground clearance cukup tinggi, maka gejala limbung pasti dirasakan. Untuk menguranginya ditambahkan stabilizer bar di beberapa titik seperti strutbar, front lower bar, dan anti roll bar yang semua dari Ultra Racing.

Dari sektor mesin, turbo sudah menggunakan VNT Hybrid dan nozzle dari Xboost Station, ditambah racikan full exhaust system output samping dari Sokudo Exhaust, Flowtech air filter dan dilengkapi oleh settingan ECU juga dimaksimalkan lewat re-map dari SP Performance dan boost disetel maksimal dua bar. Hasilnya, tenaga di atas dynotest bisa mencapai 300 dk dan torsi maksimalnya 650 Nm.

"Kenapa gue milih VNT karena temen-temen banyak main diesel dan katanya VNT itu kencang dan masih bisa irit. Banyak potensinya," jelasnya.

Agar aman, tranmisi otomatisnya juga wajib ditambah pendinginan dari ATF cooler Hayden, dan Gotrans shift kit supaya perpindahan gigi lebih responsif, dan mengurangi slip kopling girbok karena tenaganya terlalu besar.

Di bagian kabin, masih dibiarkan cukup standar. Hanya ditambah indikator pembantu seperti boost meter Defi original, multigauge dari Lufi X1 yang menampilkan beberapa keterangan, PQY exhaust temperatur, lalu ECU Shop Power Boost throttle control guna mengatur respon gas. Sementara kenyamanannya hanya dari penggantian head unit Kenwood DDX 9000 Series agar memberikan lantunan suara lebih dinamis saat berkendara.