POPULAR STORIES

Modifikasi VW Golf GTI BBS Concept, Penghormatan Bagi Pendahulunya

Modifikasi VW Golf GTI BBS Concept, Penghormatan Bagi Pendahulunya

KabarOto.com – VW Golf GTI BBS Concept, didasarkan pada Mk8 Golf GTI dan dibangun bekerja sama dengan perusahaan pelek terkenal Jerman yakni BBS.

Mobil itu terinspirasi oleh Mk2 GTI yang pernah digarap sebelumnya. Mobil ini milik Brock Bickford asal Evansville, Indiana. Ia telah mengerjakan proyek tersebut bersama putrinya sejak berusia tujuh tahun. Untuk menghormati kedua merek besar itu, projek ini juga melibatkan penggemar VW dan kolektor mobil, Jamie Orr untuk merampungkannya.

Baca juga: Mountune 52 Buat VW Golf GTI Mk7 Semakin Ganas

Seperti namanya, BBS Concept hal wajib pertama pasti pelek BBS Super RS dengan model multi palang klasik ikonik khas BBS. Spesifikasinya berukuran 19 inici dan lebar 9, dibalut ban Delinte D7 235/35 R19 tipe directional.

Suspensi menggunakan coilovers lansiran H&R. “Fitment belakang adalah standar, tetapi saya mendesain ulang bagian depan sedikit karena saya ingin menambahkan penyesuaian camber, jadi ini lebih merupakan campuran kustom komponen H&R,” kata Orr.

Agar performa makin galak, maka sistem pembuangan diganti menggunakan Borla demi menyempurnakan mesin 4 silinder turbocharged EA888 2.000 cc. Menghasilkan 245 dk dan torsi 370 Nm, dikirim ke roda depan melalui transmisi manual enam kecepatan.

Baca juga: Bugkart Wasowski, Mini Kart Retro Dari Spakbor VW Beetle

Tampilan luar juga dipermanis livery BBS yang mencakup kap mesin hitam dan aksen garis-garis merah. Begitu pula garis yang membentang di sisi samping dari depan hingga belakang bodi. Lampu kabut heksagonal juga telah diwarnai kuning untuk memperkental tampilan retro.

“Kami mempertahankan interior, bodi, dan mesin persis seperti bawaan pabriknya. Menambahkan sedikit warna dan sedikit modifikasi, tanpa banyak ubahan. Mengubah semua itu akan sangat memalukan," papar Orr yang ingin mempertahankan orisinalitas mobil.