POPULAR STORIES

Modifikasi Yamaha XMax, 400 Cc Lebih Ekstrem Pakai Turbocharger

 Modifikasi Yamaha XMax, 400 cc Lebih Ekstrem Pakai Turbocharger Modifikasi Yamaha XMax, 400 cc Lebih Ekstrem Pakai Turbocharger (Kipli)

KabarOto.com - KabarOto sempat membahas Yamaha XMax modifikasi berkapasitas 335 cc dengan aplikasi turbocharger beberapa waktu silam. Nah, kali ini modifikasi Yamaha XMax datang dari pemilik yang sama dengan penambahan kapasitas mesin menjadi 400 cc dan tetap menggunakan tenaga induksi turbocharger.

Kabarnya, Pria asal Surabaya, Jawa Timur selaku pemilik memang masih memiliki belasan unit Yamaha XMax lagi untuk dimodifikasi, Wow!. Kembali ke XMax 400 cc ini, merupakan proyek lanjutan dari kembarannya yang bermesin 335 cc seperti yang telah disebutkan. "Kalau 400cc-nya beda ukuran piston saja. Kalau yang 335 pakai diameter 75 mm, namun yang 400 ini pakai 82 mm," bebernya.

Permintaan yang relatif ekstrem tersebut kembali diladeni oleh Ultraspeed Racing (USR) di kawasan Gading Serpong, Tangerang. "Seperti motor sebelumnya, kami juga sempat melakukan riset dan berdiskusi dengan mekanik mobil langganan, kami pun gaspol untuk eksekusi cangkok turbocharger di XMax ini," ujar Andi Batok dari USR.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha XMax, Ekstrem Naik 335 Cc Tambah Turbocharger

Terlihat dari sektor yang paling umum, bodi-bodinya dilabur airbrush dengan aksen warna abu-abu sesuai permintaan sang owner. Ia mengatakan, owner ingin motornya dimodifikasi secara ekstrem namun fungsional, jika perlu sanggup digeber sekencang-kencangnya,

"Soal biaya katanya tidak masalah. pihak ECU aRacer pun saat ditanya ternyata bisa buatkan untuk keperluan turbo, NOS, dan supercharger," tambahnya.

"Perbedaan lainnya ada di merek blow off valve-nya saja, yang 335 cc pakai Turbosmart, sedangkan yang 400 cc ini menggunakan bov dari HKS," tambahnya.

"Racikan kapasitas juga diubah menjadi 400 cc menggunakan kruk as, balancer, serta piston Xmax 300 yang di bore up menjadi 82 mm," beber Batok, sapaan akrabnya.

Cylinder head-nya dilakukan proses porting metode CNC, lalu dipasangi intake manifold XMAX 300 dan throttle body 40 mm serta noken as custom sesuai kebutuhan.

Turbo Garret GT06 pun terlihat menonjol, yang sekaligus membuatnya makin bertampang intimidatif. "Mirip dengan yang satu lagi (335 cc), intercooler sampai pipa-pipa dibuat 'base pipe' dulu. Setelah semua beres baru dirapikan. Piping dibuat di Proliner sekalian bikin silencer knalpot," ujarnya.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Kijang Innova 2009 Ala Negeri Paman Sam

Tak ketinggalan dibuatkan jalur pelumasan baru serta ditambah external filter, dan oil cooler dengan radiator dari produk AAI. Selain itu dipasangi ECU pakai aRacer RC Super 2 seri gold untuk mesin turbo yang dilengkapi MAP sensor jenis +, yang membaca tekanan udara didorong, bukan secara vakum (-) layaknya mesin N/A (naturally aspirated).

Beres dengan upgrade performa mesin, sistem pengereman ikut ditingkatkan menggunakan master rem Brembo RCS19 Corsa Corta dan RCS16, Sementara di rodanya memakai kaliper Brembo M4 empat piston di depan dan dua piston dibelakang serta cakram kembali menggunakan merek Brembo.

Tak kalah penting, suspensi belakang diganti dengan Ohlins adjustable, yang bisa disesuaikan kompresi dan rebound-nya sesuai dengan kebutuhan sang pengendara dan trek yang dilalui. Hedon!