POPULAR STORIES

Moeldoko: Kalau Bisa Murni Listrik Kenapa Hybrid

Moeldoko: Kalau Bisa Murni Listrik Kenapa Hybrid Ilustrasi kendaraan Hybrid (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Saat ini beberapa pabrikan mobil di Indonesia mulai menghadirkan kendaraan menggunakan sistem hybrid.

Diyakini, kendaraan dengan sistem hybrid ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Namun, pandangan berbeda disampaikan oleh Moeldoko, Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Baca Juga: Suzuki Kasih Kemudahan Untuk Memiliki Ertiga Hybrid

Menurutnya, pabrikan mobil di Indonesia dapat langsung beralih ke Battery Electric Vehicles (BEV), tanpa harus memproduksi kendaraan hybrid. "Kalau bisa langsung murni listrik kenapa tidak," jelas Moeldoko, di Jakarta Selatan, Senin (11/07/2022).

Teknologi hybrid disematkan pada mobil baru di Indonesia (Foto" KabarOto)

Namun, Moeldoko mengakui jika kendaraan hybrid lebih murah dari kendaraan full listrik. Dan teknologi tersebut juga menjadi jembatan transisi ke full elektrifikasi, sebelum infrastruktur seperti charging station tersedia di banyak tempat.

"Itu persepsi. Tapi bagi Indonesia kalau bisa langsung lebih bagus," tegas Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini mengatakan, industri dan ekosistem mobil listrik tidak akan tercapai jika saling menunggu. "Saya pikir itu seperti ayam dengan telur," terangnya lagi.

Baca Juga: Harga BBM Naik Lagi, Berikut Daftar Harga Baru Di 34 Provinsi

Oleh karena itu, pemerintah melalui Perpres 55, juga menyiapkan inpres untuk mempercepat penggunaan mobil listrik di lingkungan pemerintah dan TNI Polri.