POPULAR STORIES

MotoGP Aragon 2021: Francesco Bagnaia Kalahkan Marc Marquez

MotoGP Aragon 2021: Francesco Bagnaia Kalahkan Marc Marquez Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil mendominasi MotoGP Aragon 2021 usai bersaing ketat dengan Marc Marquez (Repsol Honda).

Sepanjang balapan di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (12/09), Bagnaia tampil apik dan mampu menahan serangan dari Marquez. Pembalap bernomor 63 itu mampu membalas tujuh kali serangan dari The Baby Alien.

Baca juga: Jelang MotoGP Aragon 2021: Maverick Vinales Berharap Bisa Tampil Terbaik Bersama Aprilia

Pada akhirnya, pembalap Ducati itu sukses podium pertama dan menjadi kemenangan pertama di kelas premier usai berkali-kali nyaris meraih podium pertama. Pecco juga menyumbang kemenangan pertama di Aragon sejak musim 2010 yang saat itu diraih oleh Casey Stoner.

Duel seru sepanjang balapan antara Bagnaia dengan Marquez

“Saya sangat senang, banyak hal yang saya raih hari ini. Dengan meraih kemengan pertama saya di kelas utama sangatlah menyenangkan. Saya mengucapkan terima kasih kepada tim dan keluarga saya. Sulit mengungkapkan juga perasaan saya hari ini. Tentu, balapan hari ini tidaklah mudah terutama saat melawan Marquez. Walaupun, dirinya tidak dalam kondisi 100% fit tetapi dia mampu tampil cepat,” ungkap Francesco Bagnaia.

Dengan kemenangan perdana ini, Bagnaia mampu memangkas gap dari sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang hanya mampu finis posisi ke-8. Marquez yang memulai balapan dari posisi ke-4 mampu melesat hingga posisi ke-2 dan mampu meraih podium keduannya di musim ini.

Baca juga: Jelang MotoGP Aragon 2021: Repsol Honda Lanjutkan Kejar Podium

Perjuangan yang diperlihatkannya menekan Bagnaia begitu luar biasa. Strategi untuk melancarkan serangan di lima lap terakhir membuktikan kapasitasnya sebagai juara dunia enam kali MotoGP dan peraih enam kemenangan di Aragon.

“Hari ini saya tetap harus mencari feeling yang bagus dengan motor. Tapi, saya menikmati duel dengan Bagnaia di sisa lap terakhir itu sangat luar biasa. Saya melakukan sedikit kesalahan di tikungan karena kondisi ban yang sudah tidak memadai. Walaupun memang saya melakukan sedikit manuver berbahaya, tapi ya itu memang gaya balap saya,” ungkap Marc Marquez.

Sementara, posisi ke-3 ditempati oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang mampu mengungguli Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Keduanya berhasil memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh Jack Miller (Ducati Lenovo). Rekan satu tim Bagnaia itu melebar di tikungan 16 yang membuatnya kehilangan posisi ke-3. Miller pun harus puas finis di posisi ke-5.

Baca juga: Demi Kontrak, Triumph Janjikan Perubahan Mesin Moto2 Hingga 2024

“Jujur saya sedikit kecewa dengan hasil balap hari ini. Tetapi, saya memiliki gap yang lebih baik dari sesi latihan dan kualifikasi sebelumnya. Dengan memulai balap dari posisi ke-7, dan meraih podium ke-3 cukup membuat tim saya senang. Tetapi, kami ingin hasil lebih baik lagi jadi saya berharap bisa tampil lebih baik di balapan berikutnya,” ungkap Joan Mir.

Hasil podium GP Aragon 2021

Maverick Vinales yang melakoni debutnya bersama Aprilia hanya mampu menyelesaikan balapan di peringkat ke-18. Ia hanya unggul satu posisi dari mantan rekan satu timnya, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT).

Berikut Hasil MotoGP Aragon 2021

  1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 41:44,422 detik

  2. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,673 detik

  3. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +3,911 detik

  4. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +9,269 detik

  5. Jack Miller (Ducati Lenovo) +11,928 detik

  6. Enea Bastianini (Esponsorana Racing) +13,757 detik

  7. Brad Binder (Red Bull KTM) +14,064 detik

  8. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +16,575 detik

  9. Jorge Martin (Pramac Racing) +16,615 detik

  10. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +16,904 detik

  11. Iker Lecuona (KTM Tech3) +17,124 detik

  12. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +17,710 detik