POPULAR STORIES

MotoGP Finlandia 2021 Resmi Dibatalkan, Ini Penggantinya

MotoGP Finlandia 2021 Resmi Dibatalkan, Ini Penggantinya Sirkuit KymiRing, Finlandia

KabarOto.com – Kabar mengejutkan datang dari FIM, IRTA, dan Dorna Sports terkait seri balap MotoGP Finlandia 2021 pada Jumat (14/5).

Pihak penyelenggara ajang balap bergengsi ini mengumumkan seri kesepuluh, GP Finlandia resmi dibatalkan. Pembatalan tersebut dikarenakan kondisi pandemik Covid-19 di negara tersebut belum mereda hingga sekarang.

Baca juga: Jelang MotoGP Prancis 2021: 2 Pembalap Tuan Rumah Tercepat Di FP2
Sebagai gantinya, Sirkuit Red Bull Ring akan menggelar 2 balapan

Selain itu, adanya aturan perjalanan yang dikeluarkan Pemerintah setempat tentu akan menyulitkan para pembalap. Walaupun dibatalkan, pihak Dorna Sports telah menandatangi kontrak untuk penyelenggaran MotoGP di Sirkuit KymiRing, Finlandia hingga 2026 mendatang. Jadi, kemungkinan MotoGP Finlandia akan memulai debutnya di musim 2022 mendatang.

“Sejak awal musim kami sudah mengumumkan jadwal yang telah disepakati oleh semua mitra kami. Kami tahu sejak awal akan sulit mempertahankan kalender sesuai rencana karena pandemik Covid-19. Dan ini terjadi pada Finlandia. Berdasarkan tingkat kasus Covid-19 dan peraturan pemerintah setempat, tentu tidak memungkinkan untuk menggelar balapan di sana,” ungkap Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.

Baca Juga : Ini Jadwal MotoGP Prancis 2021

Revisi kalender MotoGP 2021

Sebagai pengganti MotoGP Finlandia 2021, pihak Dorna telah memutuskan untuk menggelar dua seri balapan beruntun di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Dengan bertajuk MotoGP Styria 2021 ini akan digelar pada 6-8 Agustus dan MotoGP Austria yang akan digelar pada 15 Agustus mendatang.

“Kami memutuskan ke Red Bull Ring untuk menggelar dua balapan di sana. Mereka pun menyetujui untuk menggelar balapan di sana sebelum GP Austria. Kami sangat mengapresiasi kesediaan mereka, dan saya harap ini akan menjadi event yang bagus,” tutup Ezpeleta.