POPULAR STORIES

MotoGP Prancis Ditunda, Belum Ada Jadwal Pengganti

MotoGP Prancis Ditunda, Belum ada Jadwal Pengganti

KabarOto.com ­– Pandemi virus Corona atau Covid-19 masih menghambat jadwal lomba MotoGP 2020. Kini pihak penyelenggara mengumumkan untuk menunda balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis. Hingga saat ini belum ada kepastian mengenai jadwal pengganti.

Menurut agenda awal, MotoGP Prancis seharusnya berlangsung pada 15-17 Mei 2020. Ketika wabah ini makin meluas, waktu pelaksanaannya masih belum berubah. Namun pada 2 April lalu, Dorna akhirnya melakukan pembatalan di Prancis.

Baca Juga : Selain Bypass, 750 Home Stay Dibangun Sebagai Dukungan MotoGP Mandalika

“FIM IRTA dan Dorna menyesal dengan mengumumkan penundaan Shark Helmet Grand Prix de France, yang dijadwalkan 15-17 Mei. Wabah virus corona yang tengah berlangsung mewajibkan acara untuk diatur ulang,” ungkap pernyataan resmi melalui website resmi MotoGP.

Apalagi melihat kondisi di Prancis, kini menjadi salah satu negara Eropa yang terdampak cukup besar. Hingga saat ini (4/4) sudah tercatat ada 82.165 kasus dan sudah menewaskan 6.507 jiwa. Saat ini, Prancis menempati posisi kelima kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Sirkuit Le Mans, Prancis

Hingga saat ini, pihak penyelenggara belum mengumumkan agenda pengganti MotoGP Prancis. Sama halnya dengan pengaturan ulang jadwal balapan di Jerez, Spanyol. Usai penundaan, kepastian mengenai waktu balap di sana pun dikeluarkan.

Tidak seperti seri lain. Putaran di Chang International Circuit, Thailand, Circuit of The Americas, Amerika Serikat dan Termas de Rio Hondo, Argentina sudah mendapatkan jadwal baru.

Baca Juga : Secara Bertahap, Astra Mulai Serahkan Bantuan Ribuan APD dan Alat Rapid Test

Situasi sekarang ini masih dianggap berisiko, sehingga konfirmasi mengenai tanggal baru balapan baru itu belum dapat disampaikan. Dorna menyebut, revisi kalender itu segera dirilis jika memang sudah tersedia. Termasuk seri lain di Mugello, Italia. Terlebih kita tahu, lintasan ini berada di Italia juga terdampak lebih parah.

Untuk seri pertama MotoGP rencananya dimulai pada Juni mendatang. Bisa saja di Catalunya, Spanyol atau Sachsenring, Jerman. Bila belum kondusif, di Kymi Ring, Finlandia bisa dijadikan opsi karena sesuai jadwal awal yaitu 12 Juli 2020.

Dorna sendiri tengah mengupayakan agar dapat menyelenggarakan 19 balapan yang tersisa. Walau tidak mulus, setidaknya mereka bisa menggelar 13 seri sesuai perjanjian dengan pihal FIM.