POPULAR STORIES

Selain Bypass, 750 Home Stay Dibangun Sebagai Dukungan MotoGP Mandalika

Selain Bypass, 750 Home Stay Dibangun Sebagai Dukungan MotoGP Mandalika Konsep desain untuk Mandalika

KabarOto.com - Lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas pembangunannya terus dikejar. Hal ini dipastikan oleh Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Lima KSPN meliputi Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado Bitung-Likupang.

Pembangunan terus dikejar dan ditargetkan selesai akhir 2020, kecuali beberapa infrastruktur yang akan dituntaskan di 2021. Seperti yang diketahui, Mandalika akan dijadikan lokasi pertandingan MotoGP dan di lokasi ini akan dibangun berbagai fasilitas yang memudahkan akses.

Baca Juga: Dukung MotoGP 2021, Pemerintah Bangun Jalan Bypass Dari Bandara Lombok Ke Mandalika

Di Mandalika, Nusa Tenggara Barat akan dilakukan pembangunan pengendalian banjir KEK Mandalika, jalan bypass Bandara International Lombok, pengembangan kawasan di tiga Gili, pengembangan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), kawasan geopark Rinjangi, dan pembangunan home stay.

Pembangunan jalan bypass BIL sepanjang 174 km akan meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke kawasan wisata Mandalika. Jalan selebar 50 meter dengan 4 lajur ini dilengkapi trotar dan median jalan. Sehingga, bypass akan mendukung akses menuju sirkuit di Mandalika.

Kementerian PUPR juga akan membangun Promenade di Desa Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi ini akan menjadi salah satu tujuan wisatawan seiring dengan penyelenggaraan acara MotoGP. Pasalnya, di desa ini memiliki wisata budaya dan keindahan pantai Kuta Mandalika yang bisa menarik wisatawan.

Baca Juga: Jadi Sirkuit Terindah Di Dunia, Pengaspalan Mandalika Digeber Hingga Akhir 2020

Nah, sebagai alternatif akomodasi untuk acara MotoGP, Kementerian PUPR juga akan membangun sekitar 750 home stay yang lokasinya di kabupaten Lombok Tengah.