MotoGP San Marino: Francesco Bagnaia Menang Lagi, Kalahkan Fabio Quartararo

MotoGP San Marino: Francesco Bagnaia Menang lagi, Kalahkan Fabio Quartararo Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil meraih kemenangan usai bertahan dari serangan dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di lap-lap terakhir di MotoGP San Marino pada Minggu (19/09).

Balapan yang berlangsung di Italia itu menjadi kemenangan back to back bagi Bagnaia, menang di Aragon, Spanyol akhir pekan lalu. Sejak awal balapan, Bagnaia langsung melesat memimpin balapan, bahkan bisa menyisakan gap lebih dari satu detik pada lap pertama.

Baca juga: Usai Jajal YZR-M1 Spek-A Pertama kali, Ini Reaksi Andrea Dovizioso

“Saat di lap-lap terakhir, saya terus mencoba untuk memperlebar gap. Tetapi, ban belakang saya sudah tidak memadai jadi saya tidak bisa tampil lebih cepat. Gap antara Quartararo memang dekat, tetapi saya mampu mempertahankan posisi pertama hingga balapan berakhir,” ungkap Francesco Bagnaia.

Dengan menggunakan komposisi ban hard-soft, pembalap bernomor 63 itu mampu memimpin hingga akhir balapan. Seiring berjalannya waktu, ban belakang Bagnaia kian menipis dan Quartararo mampu memangkas gap dan mendekat di sisa-sisa lap akhir.

Usai menyalip Jack Miller (Ducati Lenovo) di lap 14, El Diablo berhasil mendekati Pecco. Tetapi, Bagnaia mampu mempertahankan posisinya dan Quartararo harus puas dengan finis kedua.

“Hari ini sangat sulit. Sangat sulit untuk mengejar Ducati, Miller mampu tampil cepat di awal tetapi saya mampu melewatinya. Saya mencoba untuk mendekati Bagnaia, tetapi saya melakukan kesalahan di sektor tiga dan di sektor itu merupakan kelemahan saya. Tetapi, saya hari ini cukup senang karena ban bekerja sangat baik,” ungkap Fabio Quartararo.

Selain itu, Enea Bastianini (Esponsorama Racing) berhasil menyelesaikan balapan di posisi ketiga meski start dari posisi ke-12. Artinya, ini menjadi podium pertama rider asal Italia itu di debut kelas MotoGP. Tidak hanya itu, dirinya mampu meraih tiga kali waktu lap tercepat secara beruntun.

Enea Bastinanini mampu tampil apik di GP San Marino 2021

Walapun memakai Desmosedici GP19, ia mampu mengungguli Miller yang mengendarai motor pabrikan. Miller yang awalnya mampu start bagus tidak mampu tampil konsisten dan posisinya diambil alih oleh Marc Marquez (Repsol Honda) yang mengakhiri balapan di posisi ke-4.

Baca juga: Michelin Menjadi Pemasok Ban Utama MotoGP Hingga 2026

“Saya tidak tahu bagaimana mengekpresikannya. Saya mampu tampil cepat dan mengeluarkan potensi motor saya. Dan, memang saya tidak mampu untuk mengejar untuk meraih posisi kedua. Tetapi, secara perlahan saya mampu melewati beberapa rival. Saat saya melihat Quartararo dan melihat ada kesempatan, tetapi saya tidak mampu mencapainya,” ungkap Enea Bastianini.

Sementara itu, Andrea Dovizioso (Petronas Yamaha SRT) dan Franco Morbidelli yang memulai dengan tim barunya hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-21 untuk Dovi dan ke-18 untuk Morbidelli.

Hasil podium GP San Marino 2021

Hasil MotoGP San Marino 2021:

  1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 41:48,305 detik

  2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,364 detik

  3. Enea Bastianini (Esponsorama Racing) +4,789 detik

  4. Marc Marquez (Repsol Honda) +10,245 detik

  5. Jack Miller (Ducati Lenovo) +10,469 detik

  6. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +10,325 detik

  7. Pol Espargaro (Repsol Honda) +13,234 detik

  8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +15,698 detik

  9. Brad Binder (Red Bull KTM) +16,129 detik

  10. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +18,519 detik

  11. Michele Pirro (Ducati test rider) +20,373 detik

  12. Johann Zarco (Pramac Racing) +21,066 detik