Michelin Menjadi Pemasok Ban Utama MotoGP Hingga 2026

Michelin Menjadi Pemasok Ban Utama MotoGP Hingga 2026 Sumber Foto : Michelin

KabarOto.com – Produsen ban asal Prancis, Michelin, akan menjadi pemasok utama ban untuk ajang Kejuaraan Dunia MotoGP hingga lima musim ke depan.

Michelin sudah mulai memasok ban di MotoGP sejak 2016 lalu usai menggantikan peran Bridgestone. Sejak kehadirannya di kelas premier, ban ini terbilang mampu memecahkan rekor lap. Yang terbaru adalah catatan waktu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) saat sesi kualifikasi MotoGP Aragon 2021 lalu.

Baca Juga : Fabio Quartararo Gagal Raih Podium Di Aragon, Ini Sebabnya

Pembalap pabrikan Ducati itu mampu mencetak waktu 1:46,332 detik alias mematahkan rekor milik Marc Marquez (Repsol Honda) di Aragon pada 2015 dengan torehan 1:46,635 detik.

Tidak hanya itu, Michelin juga turut mencatatkan sepuluh finis 15 besar terdekat sepanjang masa sejak 2018. Empat di antaranya tercipta pada musim 2021.

“Kami sangat senang dengan hasil yang kami peroleh sejak kembalinya Michelin ke MotoGP, dan hari ini kami telah memperpanjang kemitraan kami dengan Dorna Sports. Kami juga bangga dengan kemajuan teknologi yang dibuat dengan produk kami, serta banyak rekor yang dipecahkan bersama dengan mitra kami,” ungkap Florent Menegaux selaku CEO Michelin melalui peryataan resmi.

Baca Juga : Michelin Temukan Masalah Kinerja Ban Di MotoGP Inggris 2021

Bagnaia mampu memecahkan rekor lap time dari Marquez di Aragon

Menegaux juga menambahkan bahwa menjadi mitra MotoGP merupakan peluang berharga bagi Michelin untuk melibatkan publik dan pembalap di seluruh dunia disiplin ilmu visi, merek, ban, dan inovasi.

Dengan perpanjang kontrak ini, Michelin berharap bisa berkembang bersama dengan memberikan ban performa lebih baik selama lima musim mendatang.

“Kami sangat bangga untuk melanjutkan kemitraan kami dengan Michelin hingga 2026. Michelin telah menjadi mitra penting untuk MotoGP sejak 2016. Mereka membantu kami untuk menciptakan salah satu era kompetisi terbesar di dunia dalam sejarah balap motor Grand Prix. Saya senang bahwa kami akan mencapai satu dekade kolaborasi dan saya beraharap dapat terus membangun fondasi yang luar biasa ini,” ungkap Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.