Motor Injeksi Mengeluarkan Asap Dari Knalpot, Ini Penyebab Dan Solusinya

Motor Injeksi Mengeluarkan Asap dari Knalpot, Ini Penyebab dan Solusinya Knalpot motor injeksi (istimewa)

KabarOto.com - Terkadang saat berada di jalan, kita menjumpai motor injeksi yang mengeluarkan asap dari knalpot. Lantas, apa penyebabnya?

Jika terjadi demikian, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencermati warna asap yang keluar dari knalpot. Jika asap yang keluar berwarna hitam, hal itu disebabkan proses pembakaran di mesin tidak berlangsung sempurna.

Baca Juga:

Mengapa demikian? Ini disebabkan bensin yang masuk ke dalam mesin lebih banyak dibandingkan dengan udara. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan menyetel ulang electronic control unit motor.

Jika asap yang keluar dari knalpot berwarna putih, permasalahan itu disebabkan karena adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam.

Pertama, ring piston motor sudah aus karena digunakan cukup lama. Oleh karenanya, oli merembes masuk ke dalam ruang pembakaran. Kemudian, penyebab lainnya adalah piston motor baret.

Hal ini biasanya terjadi jika motor terlambat ganti oli mesin. Kotoran atau kerak mengerus dinding piston dan menyebabkan baret. Ketiga, Sil klep keras atau getas. Pada sil klep yang sudah keras atau getas, ini membuat oli yang ada di kepala silinder bisa turun ke ruang bakar kemudian ikut terbakar.

Terakhir, klep motor bocor. Terjadinya kebocoran pada klep karena ada kotoran atau kerak sisa pembakaran yang kemudian menghambat dinding klep, atau juga dikarenakan penyetelan klep tidak rata.