Motor Terjatuh, Begini Cara Mendirikannya

Motor Terjatuh, Begini Cara Mendirikannya Otot kaki digunakan saat mendirikan motor jatuh (Foto: DAM)

KabarOto.com - Mengendarai sepeda motor harus memahami teknik dasar berkendara. Pengendara harus waspada terhadap potensi bahaya, kapan saja bisa terjadi menimpa mereka. Seperti terjatuh dari motor akibat menabrak atau bersenggolan dengan kendaraan lain di jalan raya.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Demmy Firmansyah mengatakan, setiap sepeda motor memiliki beban berat yang berbeda-beda, motor yang lebih besar atau motor gede (Moge) tentu memiliki bobot yang jauh lebih berat dari motor lainnya.

Baca juga: Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

"Dalam keadaan terjatuh kita tidak boleh mengangkat motor dengan menggunakan cara yang salah, karena bisa berakibat fatal bagi tubuh kita," ujarnya. Demmy menjelaskan hal yang harus dipakukan untuk mendirikan sepeda motor saat terjatuh.

Cara mendirikan motor jatuh (Foto: DAM)

Pertama meminta bantuan kepada orang sekitar, untuk memudahkan mendirikan motor tersebut. Namun, jika tidak ada orang di sekitar, harus mendirikan motor menggunakan tubuh.

"Apabila motor terjatuh ke sebelah kiri, maka yang harus dilakukan pertama adalah mengecek roda belakang apakah sudah terkunci atau belum," tambahnya. Jika belum, bisa menarik atau menginjak tuas gigi, untuk di masukan ke gigi 1, sehingga roda akan terkunci.

Kedua mengangkat motor menggunakan bagian bokong atas yang di sandarkan pada jok motor. Kemudian tangan kanan memegang setang dan tangan kiri memegang behel motor atau body motor bagian belakang dengan lurus. Kaki mendorong motor untuk berdiri, setelah itu segera turunkan standar samping motor.

Baca juga: Tips Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet Dan Harga Resminya

Apabila motor terjatuh ke sebelah kanan, pertama harus menurunkan standar samping. Tahap selanjutnya, pengendara dapat melakukan teknik yang sama ketika motor terjatuh ke sebelah kiri.

Otot kaki bekerja penuh saat mendirikan sepeda motor. Namun harus dipastikan, punggung dalam keadaan lurus, Jika posisi salah, akan membuat punggung sakit. "Paling penting diperhatikan, ketika motor terjatuh, tetap tenang dan jangan panik," tandasnya.