POPULAR STORIES

Motor Tidak Digunakan, Lakukan Cara Ini Agar Tetap Prima

Motor Tidak Digunakan, Lakukan Cara Ini Agar Tetap Prima Jangan diamkan motor terlalu lama tanpa dinyalakan

KabarOto.com - Work From Home (WFH) dan juga School From Home (SFH) yang dianjurkan oleh pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus Corona sudah mulai dilakukan sebagian besar masyarakat di kota besar seperti Jabodetabek. Namun bagi para pemilik motor, jangan sampai hanya diletakkan di garasi selama Anda bekerja di rumah.

Karena terlalu lama didiamkan, motor akan mendapat masalah, performa saat nanti digunakan akan berkurang. Agar kondisinya tetap terjaga, harus dilakukan beberapa hal di rumah.

Baca Juga: Tetap Merawat Motor Saat Work From Home, Begini Caranya

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

”Saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik motor, karena kadang ada komponen atau bagian yang butuh diperhatikan saat motor didiamkan dalam jangka waktu cukup lama, karena kalau tidak dapat memmpengaruhi kinerja,” ucap Endro.

Berikut beberapa tips dari Endo untuk menjaga kondisi sepeda motor saat Work From Home:

1. Cuci sepeda motor saat tidak digunakan, menghilangkan kotoran dari tanah dan debu setelah digunakan. "Setelah meleati daerah becek dan berlumpur jika tidak dibersihkan akan muncul karat dan risiko lainnya, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

2. Beri pelumas bagian bagian yang berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

3. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk melakukan pemanasan mesin.

Lakukan pemanasan mesin secukupnya sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius

4. Lakukan pemanasan mesin setiap hari hingga suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, atau sekitar 3-4 menit. ”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro.

5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang seperti tikus atau ular.

Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin. Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali.