Tetap Merawat Motor Saat Work From Home, Begini Caranya

Tetap Merawat Motor Saat Work From Home, Begini Caranya Cara merawat motor sendiri di rumah

KabarOto.com - Anda salah satu orang yang menerapkan anjuran kerja dari rumah (work from home), namun setelah selesai melakukan tugas-tugas bingung mau lakukan apa lagi. Mungkin merawat motor bisa menjadi solusi mengisi waktu senggang.

Tenang, merawat motor yang dimaksud bukan service berat, tapi ringan saja, bisa dilakukan sendiri tanpa harus di bawa ke bengkel atau menggunakan jasa mekanik. Bukan berarti dalam situasi seperti ini motor tidak perlu dilakukan pengecekan.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil Dan Motor, Begini Caranya

Tim training Techinal Service Function (TSF) main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang memberikan beberapa tips ringan merawat motor di rumah.

Pertama, lakukan pencucian menyeluruh sepeda motor. Bersihkan bagian bodi, mesin hingga bagian bawah jok. Selain bersih, kita dapat mengetahui beragam kemungkinan kerusakan seperti lecet bodi ataupun bagian mesin yang rembes seperti oli, cairan rem.

Kemudian periksa kondisi oli dengan membuka deepstick oli untuk mengetahui keenceran oli dan level tinggi oli. Cek kondisi kekencangan rantai untuk tipe bebek atau sport. Untuk sedang tipe Matik bisa dilakukan dengan menyalakan motor sambil mendengarkan suara mesin dan bagian CVT. Jika ada gangguan maka akan terdengar jelas. Gangguan ini nanti bisa dibawa ke bengkel saat situasi normal.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kunci Kontak Motor Agar Tidak Cepat Dol

Pastikan seluruh komponen pentung dalam berkendara seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin dan alur ban masih baik untuk digunakan berkendara. Saat kondisi sudah berjalan seperti sediakala, motor Anda sudah dipastikan siap untuk digunakan tanpa ada gangguan