Motor Tidak Digunakan Selama PPKM Darurat, Lakukan Ini Agar Tetap Prima

Motor Tidak Digunakan Selama PPKM Darurat, Lakukan Ini agar Tetap Prima

KabarOto.com - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa-Bali masih berlangsung pada 3-20 Juli 2021. Hanya para pekerja esensial dan kritikal saja yang bisa beraktivitas.

Di luar dari sektor tersebut, harus bekerja di rumah Ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus corona yang semakin masif. Selain menjaga kesehatan tubuh selama di rumah, motor juga harus dirawat, agar nantinya, saat mulai beraktivitas, kuda besi bisa maksimal digunakan. Yamaha memberikan cara merawat motor saat tidak digunakan:

Baca Juga: Merawat Motor Di Rumah Dengan Servis Kunjung Yamaha

Periksa rantai motor

1. Sesekali Panaskan Mesin Motor
Memanaskan mesin harus dilakukan, agar komponen yang ada di dalamnya bergerak dan lancar. Memanaskan mesin juga akan memicu pelumas selalu melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi. Jika dibiarkan mati terus menerus, pelumas atau olinya akan mengendap. Memanaskan mesin tidak perlu lama, butuh waktu 3 sampai 5 menit saja.

2. Periksa Bagian Rantai untuk motor sport dan cub
Selain mesin, rantai motor juga harus diperiksa. Rantai ini mudah sekali berkarat, jika motor jarang digunakan, karat tersebut akan muncul. Kondisinya jangan kendor dan juga tidak terlalu kencang, dan pastikan tidak basah. Jika terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas, supaya korosi pada rantai bisa dicegah.

Cabut Kabel aki saat motor tak digunakan

3. Kuras tangki saat motor tak digunakan
Setelah motor lama tak digunakan, tangki harus dikuras. Agar supaya tidak ada endapan bensin lama di dalam tangki. Jika dibiarkan, fuel pump pada tangki motor Anda kemungkinan besar akan mengalami kerusakan. Akibatnya, performa mesin menjadi berkurang.

Baca Juga: Yamaha Kirimkan WR155 Serentak Ke Konsumen Di Jawa Barat

4. Cabut kabel-kabel yang tersambung di aki
Jika motor tak lagi digunakan dalam jangka waktu yang lama, cabutlah kabel aki, karena bagian ini memiliki fungsi yang penting, yaitu sebagai sumber listrik. Jika motor mati dalam waktu lama, dan kabel masih terhubung, listrik masih mengalir, akan membuat aki soak, karena daya listriknya terbuang.