Motor Valentino Rossi Pakai Perangkat Aneh

Motor Valentino Rossi Pakai Perangkat Aneh

KabarOto.com – Pada sesi tes pramusim kedua MotoGP Qatar 2021, pabrikan asal Jepang, Yamaha, melakukan uji coba sebuah perangkat fender baru yang disebut ‘Open Air’.

Para teknisi Yamaha di Iwata, Jepang, mendesain fender depan ini tidak lagi membulat di bagian atas mengikuti roda. Melainkan dibuat lebih pipih, dan terdapat bagian terbuka (open) antara bagian atas dengan fairing.

Baca Juga : Berkat Perangkat Ini, Ducati Desmosedici GP21 Lebih Stabil Dan Cepat

Sepatbor open air

Walau terlihat aneh dan tidak elegan, ternyata desain baru ini memiliki keuntungan aerodinamika lebih baik. Dengan bentuk seperti itu, turbulensi udara dari gerakan ban depan bisa dilepaskan. Di bagian depan dengan ujungnya yang tajam, bertujuan untuk mengurangi hambatan udara pada bagian depan akibat turbulensi.

Bentuk atas fender depan yang lebih pipih ini juga semakin lancar mengalirkan aliran udara ke radiator sehingga membantu proses pendinginan mesin. Valentino Rossi juga sudah mencobanya di sesi pramusim MotoGP Qatar 2021.

Yamaha lakukan uji coba penutup cover cakram

Penahan cipratan ‘Open Airr’ ini juga didesain menyatu dengan fender yang menutupi suspensi depan. Dengan desain sedemikian rupa, fender ini diyakini memperlancar aliran udara ke radiator untuk membantu pendingan mesin.

Baca Juga : Yamaha Pakai Livery Spesial Di Tes Pramusim Kedua MotoGP Qatar 2021

Bagian samping fender juga lebih panjang dan lebar. Selain itu, Yamaha juga melakukan uji coba dengan menutup lubang cover cakram. Penutupan lubang ini untuk mengatur besar kecilnya aliran angin ke cakram. hal ini dilakukan oleh tim berlogo garpu tala tersebut pada tahun sebelumnya.