Mudah Rusak, Segini Biaya Ganti Motor Fan Nissan March

Mudah Rusak, Segini Biaya Ganti Motor Fan Nissan March Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Nissan merupakan salah satu merek otomotif yang beredar di Indonesia. Namanya sudah tidak asing lagi, pun bengkel untuk perawatan dan perbaikannya ada di beberapa titik Indonesia. Salah satu bengkel khusus perawatan dan perbaikan mobil Nissan Datsun ada di Kelapa Dua, Gading Serpong yaitu Auto Solusindo.

Salah satu mobil keluaran Nissan yang kecil dan lincah yaitu March. Kendaraan city car lansiran Nissan ini memiliki dimensi yang kompak dan tentu saja irit bahan bakar.

Namun, siapa sangka ternyata Nissan March memiliki salah satu kelemahan. Yakni bagian motor fan atau kipas radiator menjadi komponen yang paling mudah rusak.

Baca Juga: Musim Hujan, Bagian Ini Yang Jarang Dibersihkan Pemilik Mobil

"Nissan March itu yang paling cepet rusak bagian motor fan. Paling sering itu dan harganya lumayan," jelas Bayu sebagai Teknisi Bengkel Auto Solusindo.

Motor fan berfungsi untuk mendinginkan radiator agar kondisi mesin tetap dalam suhu ideal. Komponen ini penting dan patut mendapat perhatian, apalagi bagi Sobat KabarOto yang sering terjebak macet.

Ketika mobil masuk ke bengkel untuk perawatan, biasanya bagian ini pasti terjamah.

"Fan motor punya dua kecepatan, yaitu low dan high. Kalau indikator yang low ini sudah mati, maka tidak lama kecepatan high juga akan mati," tambahnya.

Sayangnya, tidak ada perawatan khusus agar motor fan tetap awet karena komponen ini rusak perihal umur. Bagian ini berkaitan dengan kelistrikan, sehingga tidak ada jangka waktu khusus untuk mengetahui kapan motor fan harus diganti atau tidak.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil dan Motor, Begini Caranya

Secara fisik, Sobat KabarOto bisa mengetahui fan motor tidak lagi berfungsi jika beberapa hal ini terjadi. Seperti fan motor tidak berputar, suhu mesin naik atau AC tidak dingin. Sementara untuk penggantian motor fan bisa memakan biaya kurang lebih Rp 1 juta.