Musim Hujan, Bagian Ini Yang Jarang Dibersihkan Pemilik Mobil

Musim Hujan, Bagian Ini Yang Jarang Dibersihkan Pemilik Mobil Foto: Kipli

KabarOto.com - Sektor dapur pacu atau mesin kendaraan selalu jadi prioritas terakhir yang diperhatikan mayoritas pemiliknya, padahal fungsi komponennya yang vital bisa jadi petaka jika tak dirawat dengan baik.

"Perlu diperhatikan di ruang mesin mobil ada parts yang tidak boleh terkena air, seperti sensor dan yang berhubungan dengan elektronik," ujar Surya Halim Nugroho dari Otospa di bilangan Cimone, Tangerang.

Menurut ayah 2 anak itu, sebelum ruang mesin dibersihkan ada baiknya membungkus dan mengikat bagian sensitif air dengan plastik sampai aluminium foil atau karet. Tujuannya, agar tidak terjadi korsleting pada saat mesin dinyalakan karena tersiram air.

Baca Juga: Mau Musim Hujan Nih, Pilih Paket Detailing Motor Yang Mana?

Andri selaku pemilik PDV Detailing, Gading Serpong juga mengamini pernyataan tersebut dan menambahkan, "Zaman sekarang lebih simpel, karena banyak produsen yang menjual pembersih ruang mesin bernama engine degreaser. Cairan itu bisa dibeli di beberapa supermarket besar dan bahan bangunan di pusat perbelanjaan."

Ia bilang, cara pemakaiannya pun cukup simpel, hanya dengan melumuri bagian-bagian mesin yang kotor dengan cairan tersebut, "Boleh juga dimasukkan terlebih dahulu dalam botol semprot supaya pemakaian lebih efektif dan merata," tandasnya lagi.

Menurut Surya, sabun colek pun bisa digunakan dengan sikat untuk membersihkan noda kerak yang membandel. Gimana, simpel kan? Langsung dipraktekkan ya!