POPULAR STORIES

Mulai Hari Ini Enam Ruas Tol Trans Jawa Telah Diberi Tarif, Ini Daftarnya!

Mulai Hari Ini Enam Ruas Tol Trans Jawa Telah Diberi Tarif, Ini Daftarnya! Ilustrasi Tol Trans Jawa (ist)

KabarOto.com - Tarif enam ruas baru Tol Trans Jawa telah diberlakukan mulai Senin, 21 Januari 2019 pukul 00.00 WIB. Ruas tol tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 20 Desember 2018 dan sudah digunakan tanpa tarif sebagai bagian dari sosialisasi dan mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Jembatan Kali Kuto Tol Batang - Semarang

Besaran tarif terjauh enam ruas tol baru untuk kendaraan golongan I sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tanggal 14 Januari 2019 adalah :
1. Ngawi-Kertosono Rp 88.000.
2. Gempol-Pasuruan Rp 36.000.
3. Ruas Relokasi Porong - Gempol pada Tol Surabaya-Gempol:
- Seksi Kejapanan - Porong Rp 3.000.
- Seksi Porong - Kejapanan Rp 6.000.
4. Pemalang - Batang Rp 39.000.
5. Batang - Semarang Rp 75.000.
6. Semarang - Solo Rp 65.000.

Baca Juga: Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Jalani Uji Laik Jalan

Tersambungnya Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Grati Pasuruan, akan meningkatkan mobilitas masyarakat, barang dan jasa. Bagi angkutan logistik, akan mengurangi biaya logistik sehingga meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri. Industri di daerah juga bisa tetap berkembang karena tidak memindahkan produksi ke kawasan Industri yang lebih besar seperti di Karawang.

Baca Juga: Awas Macet, 2 Gardu Transaksi Gerbang Tol Kamal 1 Ditutup 20 Hari

Disamping itu, kehadiran jalan tol juga mendukung peningkatan kunjungan ke destinasi wisata di daerah dan produk-produk lokal UKM seperti kuliner, batik yang dipasarkan di rest area jalan tol sehingga meningkatkan ekonomi lokal.

Kepala Badan Pengatur Jalan Hery Trisaputra Zuna mengatakan, dengan tersambungnya tol Trans Jawa ini, banyak manfaat yang bisa diterima oleh pengguna tol. "Terutama adalah berkurangnya waktu tempuh dan biaya operasional kendaraan seperti bahan bakar. Kelancaran perjalanan diharapkan juga mengurangi tingkat kelelahan pengemudi terlebih angkutan logistik," Ujar Hery.