POPULAR STORIES

Mulai Rp30 Ribuan, PT Cahaya Kinetik Indonesia Luncurkan Aditif Pelumas Mesin Grafinol

Mulai Rp30 Ribuan, PT Cahaya Kinetik Indonesia Luncurkan Aditif Pelumas Mesin Grafinol

KabarOto.com - Mengusung konsep hemat bahan bakar, PT Cahaya Kinetik Indonesia mengadakan acara launching Grafinol, yang merupakan produk aditif oli mesin kendaraan, di bengkel Bellissimo Una Vespa, Tangerang Selatan (18/03).

Aditif oli tersebut diklaim terbuat dari sebuah material 200 kali lebih kuat dari baja dan 1.000 kali lebih ringan dari kertas, yakni graphene.

Material tersebut terbuat dari single layer atom yang saling terikat dan sangat padat. Graphene sendiri ditemukan oleh 2 ilmuwan yakni Andre Geim dan Konstantin Novoselov yang memenangkan Nobel Prize in Physics 2010.

Baca Juga: Jangan Sedih, Merchandise Resmi Vespa World Days (VWD) 2022 Masih Tersedia

"Graphene juga merupakan friction modifier dan tercanggih sampai saat ini, yang dapat membuat lapisan dinding mesin kendaraan terlindungi dari gesekan panas piston," Eddie Yap selaku Director PT Cahaya Kinetik Indonesia.

Menurutnya, manfaat dari Grafinol adalah irit BBM & rendahkan emisi, Meningkatkan daya kuda, menghaluskan suara mesin, serta melindungi & memperpanjang umur mesin.

"Mesin kendaraan akan bekerja secara maksimal dan lebih irit BBM dari 4,087%, ini telah tersertifikasi TUV Rheinland Test Report Number 250112822 OO1 Rev O1," katanya.

Baca Juga: Formula Fullerene C60 Pada Pelumas Bardahl, Ini Penjelasannya

Grafinol menurutnya menggunakan graphene murni, bukan graphene oxide. Produk Grafinol sendiri terbagi 3 dalam varian, yaitu M2 Ukuran 8 ml, yang bisa digunakan untuk 1 liter oli seharga Rp 30 ribu per botol.

Adapun tipe M4 ukuran 15 ml untuk 4 liter oli seharga Rp 90 ribu per botol, dan M6 ukuran 30 ml untuk 8 liter oli seharga Rp 160 ribu per botol.

"Produk kami sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung hingga pulau Bali," tutup Eddie.

Berita Terkait

Berita Terkait