POPULAR STORIES

Muscle Car Ikon Amerika Bertenaga Listrik, Suguhkan 1.355 Nm!

Muscle Car Ikon Amerika Bertenaga Listrik, Suguhkan 1.355 Nm! Ford

Kabaroto.com - Ford dan Webasto melakukan kolaborasi yang bakal membuat para penggemar muscle car berdecak kagum. Tampil di SEMA Show 2019, (5-8/11), menghadirkan proyek kendaraan listrik Ford Mustang Lithium.

Diklaim torsi di atas kertas mencapai 1.355 Nm dan tenaga tembus di angka 900 dk! Hal tersebut berkat terobosan baterai 800 volt yang dihadirkan Webasto berupa teknologi EVDrive.

Baca juga: Mengintip Spesifikasi Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR



Dari angka performa yang dihadirkan pastinya akan berikan sentakan yang luar biasa kepada pengendaranya. Selain itu diberi mainan transmisi 6 percepatan manual, track handling dan akselerasi kuat 402 meter berkat torsi instan dan tanpa emisi gas buang.

Ini merupakan bagian dari investasi Ford menghadirkan mobil listrik senilai $11,5 miliar dijadwalkan hingga tahun 2022, termasuk menghadirkan SUV listrik yang terinspirasi dari Mustang berjarak tempuh 480 km.

Kendaraan listrik lainnya yang menyusul adalah F-150 serta versi hybrid pada F-150. Termasuk ada Ford Escape dan Explorer hybrid yang siap diluncurkan tahun ini.

Kembali membahas Mustang Lithium, dibangun hanya satu prototype untuk menunjukkan kemampuan di dunia elektrifikasi, sekaligus untuk pengujian baterai dan kemampuan manajemen peredam panas Webasto dan Ford.

"Ford telah menujukkan tak menutup-nutupi fakta bahwa kita akan elektrifikasi produk kami paling populer," ujar Hau Thai-Tang, Ford Chief Product Development and Purchasing Officer.

"Prototype satu-satunya Mustang ini merupakan kesempatan baik bagi kami bersama Webasto, menunjukkan kepada konsumen kita bahwa sumber tenaga listrik bisa diandakan untuk performa mobil yang sudah dikenal dan dicintai," bebernya.

Dikemas dengan bodi berbahan serat karbon dengan stance lebih rendah 10 inci dan pelek bertapak lebar diameter 20 inci. Di bawah kap tersembunyi Phi-Power dual-core motor listrik dan dual power inverter yang disokong oleh sistem baterai Webasto berkekuatan 800 volt dan EVDrive Technology.

Oh iya, transmisi manualnya dipadukan dari khusus balap lintasan lurus yakni Getrag MT82 6 percepatan. Disanding Super 8.8 Torsen differential, memutar pelek Forgeline berbalut ban Michelin Pilot Sport 4S.



Agar pengendalian di lintasan bisa lebih jinak, sistem pengereman dari Brembo 6-piston yang digunakan pula oleh Shelby GT350R. Sankuer Composite Technologies memasok untuk side splitter dan diffuser, termasuk kap Webasto yang tembus pandang berbahan polycarbonate.

Baca juga: Rolls-Royce Cullinan Black Badge, Menyapa Orang Superkaya

Sistem pengisian baterai TurboDX dan TurboCord untuk charger portable. Karakter berkendara juga unik pilihannya yakni Valet, Sport, Track dan Beast. Bisa dipilih langsung melalui layar sentuh 10,4 inci.