Musih Hujan Tiba, Begini Cara Merawat Motor Supaya Tetap Prima

Musih Hujan Tiba, Begini Cara Merawat Motor Supaya Tetap Prima Pengendara motor melibas hujan

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba. Bagi Anda yang selalu menjalankan aktivitas sehari-hari menggunakan sepeda motor, hal yang terpenting adalah siapkan jas hujan. Selain itu, merawat kuda besi menjadi satu keharusan, agar performa motor bisa tetap terjaga saam mengendarai motor saat dan setelah hujan.

Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang memberikan tips merawat sepeda motor di musim hujan.

Baca Juga: Cara Aman Mengendarai Motor Di Musim Hujan

1. Setelah digunakan saat hujan, setibanya di rumah segera mencuci motor, atau bisa mengguyur bagian-bagian yang kotor agar tidak mengendap dan membuat karat. Namun ada baiknya diamkan dulu motor beberapa saat agar dingin.

2. Gunakan shampo khusus saat mencuci sepeda motor, jangan pakai detergen atau bahan cairan lain, yang memiliki sifat keras karena bisa merusak cat motor. Saat menyemprotkan air menggunakan selang, jangan mengarah ke tangki bensin atau komponen kelistrikan.

3. Sebisa mungkin menurut Reza menghindari jalan yang rawan banjir. "Jika terpaksa, pastikan air banjir tidak lebih dari 30cm," terangnya. Karena lebih dari batas itu, akan berpotensi masuk ke bagian-bagian tertentu di mesin.

4. Apabila motor mogok saat melewati jalan banjir, segera menepi, cari tempat kering. Setelah itu, periksa saringan udara, apakah basah atau kering.Periksa oli mesin, jika berwarna putih sudah tercampur dengan air.

5. Bersihkan dan keringkan bagian2 sekitar busi sebelum melakukan pemeriksaan api busi. Jangan memeriksa api busi saat kondisi tangan atau komponen basah karena akan berpotensi menyebabkan electrical shock.

6. Jika sering menggunakan motor saat kondisi hujan, ada baiknya periksa dan kuras bagian tangki di bengkel. Untuk membersihkan bensin dari kotoran2 yang masuk secara tidak sengaja. Ini berlaku untuk tipe motor sport yang posisi tangki bensin terletak diluar.

Baca Juga: Bikers, Jangan Lupa Lakukan Ini Usai Terjang Hujan

7. Pastikan lampu depan, lampu rem, lampu belakang, lampu sein dan klakson dalam kondisi normal. Selain itu, rem depan juga rem belakang kondisinya baik.