Cara Aman Mengendarai Motor Di Musim Hujan

Cara Aman Mengendarai Motor di Musim Hujan

KabarOto.com - Saat hujan, kondisi basah dan ada genangan air membuat kondisi jalan licin. Banyak pengendara motor yang terjatuh akibat terpeleset. Ada beberapa hal yang menyebabkan motor tergelincir saat hujan, seperti ban yang sudah gundul, atau cara berkendara yang kurang disiplin. Karena dikejar waktu, tidak mementingkan cara berkedara yang baik saat hujan lebat atau setelah hujan berhenti.

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) memberikan beberapa cara mengendarai sepeda motor saat musim hujan. "Saat berkedara di musim hujan, ada tiga hal 3 hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keseimbangan," terang Sony kepada KabarOto.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Mengendarai Motor Di Jalan

Yang pertama menurut dia akselerasi. Saat kondisi hujan risiko terbesar yang dialami adalah selip atau terpeleset. "Selip terjadi akibat akselerasi atau membuka gas kurang perhitungan, jika main gas kasar semakin mudah selip," terangnya.

Sony menyarankan agar berkendara dengan aman, memutar gas di batas maksimal, jangan terlalu ngebut, dan jika memang harus memutar gas dengan kecepatan penuh, dilakukan dengan perlahan. "Ini banyak dialami pengendara motor saat jalan basah setelah hujan, atau bahkan saat hujan," tambahnya.

Selanjutnya yang kedua adalah deselerasi atau mengerem. Saat hujan atau jalan basah, tentu jalan akan licin, Sony menyarankan jangan melakukan pengereman secara mendadak.

"Intinya jangan ngerem secara mendadak, jaga cengkraman rem terhadap ban, perhatikan jalan," tambah Sony.

Selanjutnya menurut dia hindari bermanuver atau berbelok secara kasar, tidak memperhitungkan jarak, misalkan terlalu lebar ke tengah jalan. Belok mendadak juga diartikan memotong mobil atau motor yang disalip kemudian berbelok. Itu berbahaya dan bisa terpeleset bahkan resiko tertabrak kendaraan lain.

Menjaga jarak dari mobil atau kendaraan besar itu juga harus dilakukan. Karena sewaktu-waktu kendaraan-kendaraan di depan kita bisa berbelok dan berhenti mendadak.

Baca Juga: Perhatikan Ini Sebelum Mengendarai Motor Di Era New Normal

"Jaga jarak dengan bus dan truk, mereka banyak menciptakan cipratan air," paparnya.

Cipratan air yang dihasilkan kendaraan besar, membuat keseimbangan motor menjadi terganggu. Bahkan bisa mengganggu visibilitas.

"Kalau hal-hal itu dilakukan dengan terkontrol, risiko selip atau terpeleset bisa diminimalisir," tutup Sony.