Bikers, Jangan Lupa Lakukan Ini Usai Terjang Hujan

Bikers, Jangan Lupa Lakukan Ini Usai Terjang Hujan Pengendara roda dua menerjang hujan

KabarOto.com - Hujan deras mengguyur beberapa kota di Indonesia, bahkan Jabodetabek mengalami banjir hingga ratusan kendaraan hanyut. Akibatnya, tidak sedikit komponen mobil rusak. Mengantisipasi hal tersebut, Sobat KabarOto harus selalu waspada.

Keadaan saat ini (3/1) banjir di beberapa wilayah sudah surut, sebaiknya Sobat KabarOto apalagi pengendara sepeda motor harus tetap menjaga kelaikan kendaraan. Salah satu bagian yang tidak boleh luput dari perhatian yaitu ban.

Baca Juga: Motor Terendam Banjir? Ini Langkahnya

Ban motor menjadi penopang kendaraan untuk bisa berjalan dengan aman. Elsafan Rendianto Department head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, selaku produsen ban FDR memberi tips agar pengendara tidak berkendara ketika baru turun hujan.

"Setelah hujan turun adalah saat di mana kondisi jalanan paling licin," jelasnya.

Jalan yang licin tidak hanya berasal dari air hujan, sob. Licinnya bersumber dari sisa buangan kendaraan seperti cairan rem, minyak, tumpahan bakhan bakar yang bercampur dengan air hujan. Hal tersebut membuat daya cengkeram pada ban berkurang dan cukup membahayakan keselamatan.

Baca Juga: Bikers, Pastikan Semua Ini Aman Saat Ingin Terjang Hujan

Apabila Sobat KabarOto sudah terlanjur menerjang hujan, jangan lupa untuk selalu membersihkan ban. Mengingat selama perjalanan ban melindas berbagai kotoran dan sisa buangan kendaraan, material tersebut dapat merusak ban.

Saat-saat seperti sekarang, banjir yang surut akan meninggalkan bekas di jalan, salah satunya lumpur. Kalau Sobat KabarOto mendapati lumpur menempel di ban seperti di celah kembangan, harus langsung dibersihkan sebelum lumpur mengering.

"Jika dibiarkan mengering di ban bisa menyebabkan ban retak," tambah Rendi.