POPULAR STORIES

Bikers, Pastikan Semua Ini Aman Saat Ingin Terjang Hujan

Bikers, Pastikan Semua Ini Aman Saat Ingin Terjang Hujan

KabarOto.com - Musim hujan sudah datang, sob! Cuaca ekstrem kerap mengganggu aktivitas berkendara. Sebagai pengendara tentunya Sobat KabarOto harus tetap menjaga keselamatan, apalagi untuk pengendara sepeda motor. Pasalnya, pengendara roda dua lebih rentan keamanan dan keselamatannya saat hujan turun.

Ketika hujan tiba banyak ditemukan pengendara roda dua berteduh di bawah flyover. Fenomena tersebut terjadi karena kurangnya persiapan perlengkapan saat akan keluar rumah melakukan aktivitas. Selain perlengkapan, kondisi kendaraan juga tak kalah penting untuk dijaga.

Baca Juga: Sebelum Mudik, Ban Motor Perlu Dipersiapkan

Demi menjaga keamanan dan keselamatan berkendara selama menggunakan motor roda dua, perhatikan tiga hal penting yaitu kelistrikan, ban, dan visibilitas.

Sobat KabarOto harus memperhatikan kondisi ban yang sedang digunakan, apakah masih baik atau sudah gundul. Hal ini penting agar ban tidak tergelincir ketika melewati genangan air saat menerjang hujan. Pastikan kondisi ban dalam keadaan layak jalan.

"Terlihat dari visualnya, lihat bagian telapak jangan sampai grip atau pola pada ban gundul. Kalau dari ukuran, jangan sampai telapak ban kurang dari 0,4 mm," jelas Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Perlu Sobat KabarOto ketahui, pola yang ada di ban bukan untuk fashion atau sekadar gaya tapi berfungsi untuk membelah genangan air. Sehingga, ketika tapak ban sudah halus dan tipis maka akan lebih mudah slip dan berakibat hilang kendali. Selain itu, tekanan angin ban sebaiknya dicek berkala setiap satu minggu sekali.

"Tekanan angin yang terlalu berlebih pun tidak bagus berbanding anginnya kurang," tambah Jusri.

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Lampu Depan Motor yang Sering Putus

Selanjutnya perihal kelistrikan, Sobat KabarOto harus memastikan bahwa sambungan atau component connector dalam keadaan baik. Sistem kelistrikan sangat penting, sob! Salah satu bagian krusial apabila kelistrikan terganggu yaitu tidak berfungsinya lampu penerangan dan sein. Fungsi lampu digunakan sebagai alat komunikasi antara pengguna jalan.

"Kalau perlu disemprot dengan spray WD-40 jadi bisa melindungi kabel-kabel yang ada," ujar Jusri memberikan tips.

Baca Juga: Ini Perbedaan Helm MotoGP Dan F1

Rusaknya bagian kelistrikan akan mengganggu lampu sebagai penerangan jalan, tentunya visibilitas pengendara akan sangat berkurang. Jangan salah, visibilitas pengendara roda dua tidak hanya dibantu lampu tetapi helm. Bagaimana bisa? Kaca pada helm turut membantu pengendara memiliki visibilitas yang baik.

Kebersihan kaca helm juga harus diperhatikan, sob. Apabila sudah terlalu kotor dan dirasa mengganggu, segera cuci helm agar tidak mengganggu pandangan. Apalagi kalau kaca helm sudah banyak baret, harus segera diganti.

"Kemampuan visibilitas akan turun, peluang kecelakaan akan tinggi karena kemampuan dia (pengendara) mendeteksi bahaya jadi berkurang soalnya pandangan kabur, apalagi kalau malam hari," tutupnya.