Sebelum Mudik, Ban Motor Perlu Dipersiapkan

Sebelum Mudik, Ban Motor Perlu Dipersiapkan Ban komponen yang penting pada sepeda motor.(Foto: Bimo)

KabarOto.com - Anda ingin mudik naik motor ke kampung halaman? ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah ban. Karena ban memiliki fungsi yang sangat penting, selalin menjadi penopang berat kendaraan, ban juga menahan beban berat penumpang dan barang yang dibawanya.

Kondisi ban harus selalu diperhatikan, karena kondisi jalan di Indonesia yang tidak ada yang rusak dan ada yang mulus, ada yang aspal licin ada juga cor beton yang kasar.

Baca Juga: Mau Mudik Naik Motor? Ini Yang Harus Diperhatikan

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT SRI produsen ban merk FDR memberikan tips mempersipkan ban sebelum mudik.

Gunakan ukuran ban sesuai standar motornya. Ukuran ban ini perlu diperhatikan, sebisa mungkin mengikuti standar pabrikan untuk jenis motor bebek, matic dan juga sport.

Gunakan ukuran ban sesuai standar motornya. (Foto: Sportku)

Pilihlah ban dengan pattern regular yang aman dalam penggunaan harian. Hindari ban dengan pattern minimalis seperti ban racing untuk dry.

Cek tekanan angin sesuai dengan standarnya, hindari penggunaan yg overload. Untuk setiap motor berbeda-beda, ukurannya, misalnya untuk ban depan motor matic vario 80/90-14 dengan tekanan angin 40 (140 kg)dan ban belakang 90/90-14 dengan tekanan angin 46 (170 kg). "Jadi berat maksimal untuk ban vario sekitar 310 kg sudah termasuk untuk menopang beban motor," terangnya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi ban, bila sudah tak layak pakai ada baiknya diganti dengan yang baru. Sangat berisiko jika tetap mempertahankan ban yang tidak layak pakai untuk perjalanan jauh. Beli ban baru dan ganti ban lama yang tidak layak pakai untuk keselamatan berkendara selama perjalanan jauh atau mudik.

Jangan sampai tergoda untuk membeli ban dengan harga murah. Pastikan waktu produksinya masih baru, untuk menjamin bahwa ban tersebut masih layak pakai