Musim 2022, Scuderia Ferrari Harus Puas Jadi Runner-Up

Musim 2022, Scuderia Ferrari Harus Puas jadi Runner-Up Dok : Scuderia Ferrari

KabarOto.com – Scuderia Ferrari memastikan posisi runner up musim F1 2022. Setelah Charles Leclerc finis ke-2 dan Carlos Sainz finis ke-4 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, sehingga total poin tim menjadi 554 poin.

Poin tersebut tidak terkejar lagi oleh Mercedes AMG Petronas yang belakangan jadi ancaman bagi tim Kuda Jingkrak. Setelah balapan akhir Mercedes hanya mendapat poin lewat George Russell setelah finis ke-5, sementara Lewis Hamilton DNF, membuat total 515 poin.

"Kami mulai dengan mobil yang tidak kami inginkan dan kami menyelesaikannya dengan mobil tidak kami inginkan. Saya harap perjuangan tahun ini benar-benar memberi kami alat dan kekuatan untuk memperjuangkan lebih banyak kejuaraan di masa depan," papar Hamilton.

Baca juga: Susunan Pembalap Formula 1 2023, Williams Belum Tunjuk Pembalap Keduanya

Untuk juara konstruktor, Red Bull Racing dominasinya tak terkejar lagi dengan 759 poin. Walau kemenangan mereka belum sempurna karena Sergio Perez berada di ranking ke-3 klasemen pembalap.

"Saya pikir saya sedikit kesulitan dengan ban tahun ini, dalam hal mengatur ban dalam balapan. Jadi, mudah-mudahan itu bisa menjadi sesuatu yang kami tingkatkan untuk musim depan," ujar Perez.

Alpine juga lebih unggul dari total poin konstruktor, dengan 173 poin. Sementara McLaren, walau Lando Norris lebih unggul di klasemen pembalap, hal itu belum cukup mengalahkan konsistensi Alpine. McLaren harus puas di ranking ke-5 meraih 159 poin.

Baca juga: Helmut Marko Bocorkan Daniel Ricciardo Jadi Pembalap Pengganti Red Bull Racing

Secara mengejutkan, Alfa Romeo dan Aston Martin Cognizant mengakhiri musim 2022 dengan poin sama, yakni 55 poin. Lalu Haas dan AlphaTauri juga bersaing ketat selisih kedua sangat tipis, yakni Haas dengan 37 poin dan AlphaTauri 35 poin. Serta di posisi juru kuncu ada Williams dengan total 8 poin saja.

Klasemen Akhir Konstruktor F1 2022 :