POPULAR STORIES

Susunan Pembalap Formula 1 2023, Williams Belum Tunjuk Pembalap Keduanya

Susunan Pembalap Formula 1 2023, Williams Belum Tunjuk Pembalap Keduanya Foto: Formula 1

KabarOto.com – Susunan pembalap Formula 1 musim 2023 sudah hampir terungkap semuanya. Dari 10 tim, hanya tinggal Williams yang belum mengumumkan siapa pengganti Nicholas Latifi.

Artinya, hampir semua tim sudah siap menghadapi musim depan, hanya bagian mobilnya saja yang mungkin akan ada ubahan menyesuaikan regulasi 2023.

Red Bull Racing (Max Verstappen dan Sergio Perez)

Juara dunia dan konstruktor musim 2022 akan tetap dengan line up Verstappen dan Perez. Kedua pembalap memiliki kontrak panjang, Verstappen bertahan setidaknya hingga 2028, sementara Perez sampai 2024.

Scuderia Ferrari (Charles Leclerc dan Carlos Sainz)

Mengikuti jejak rivalnya, Ferrari juga masih tetap bersama Charles Leclerc hingga 2026, dan Carlos Sainz sampai 2024. Tim kuda jingkrak sejatinya diunggulkan di awal musim 2022, namun performa tidak konsisten dan sering melakukan kesalahan pelan-pelan membuat mereka tertinggal dari Red Bull Racing, bahkan mulai terkejar Mercedes AMG Petronas.

Baca juga: Nico Hulkenberg Resmi Gabung Haas Mulai Musim 2023, Gantikan Mick Schumacher

Mercedes AMG Petronas (Lewis Hamilton dan George Russell)

Sementara tim Silver Arrow juga mempertahankan Sir Lewis Hamilton dan George Russell. Keduanya tampil apik mendekati akhir musim, walau sempat terpuruk di awal-awal karena masalah porpoising.

Alpine (Esteban Ocon dan Pierre Gasly)

Alpine sempat mengalami drama setelah kehilangan 2 pembalap sekaligus yakni Fernando Alonso dan Oscar Piastri. Namun akhirnya mereka menemukan pengganti yakni Pierre Gasly yang pindah dari AlphaTauri.

McLaren (Lando Norris dan Oscar Piastri)

McLaren yang tampil cukup konsisten mempertahankan Lando Norris dan memilih melepaskan Daniel Ricciardo. Beruntung tim Pepaya berhasil mendapatkan pengganti pembalap muda berbakat yakni Oscar Piastri.

Aston Martin Cognizant (Lance Stroll dan Fernando Alonso)

Pasangan Lance Stroll dan Fernando Alonso akan diandalkan Aston Martin musim depan. Dengan pengalaman dan gaya agresif dari Alonso mungkin akan membawa penyegaran bagi tim.

Haas (Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg)

Haas juga tampil memukau ketimbang musim sebelumnya. Masuknya Kevin Magnussen memberikan ritme baru, dan membuat tim bisa bersaing di papan tengah. Dengan hadirnya Nico Hulkenberg jadi harapan baru, agar tim dapat mendulang lebih banyak poin musim depan.

Alfa Romeo (Valtteri Bottas dan Guanyu Zhou)

Alfa Romeo mempertahankan pasangan Valtteri Bottas dan Guanyu Zhou. Pengalaman Bottas sudah tidak diragukan lagi, sementara tim memberikan kesempatan bagi Zhou untuk memperbaiki performanya musim depan.

Baca juga: Fernando Alonso Gunakan Helm Spesial Tribut Untuk Sebastian Vettel

AlphaTauri (Yuki Tsunoda dan Nyck de Vries)

Selanjutnya yang punya pembalap baru ialah AlphaTauri. Mereka mempertahankan Yuki Tsunoda, serta mendapat Nyck de Vries sebagai pengganti tempat Pierre Gasly. De Vries sendiri sempat tampil menggantikan Alex Albon di Italia dan berhasil finis ke-9.

Williams (Alex Albon dan belum diketahui)

Wiliiams jadi tim terakhir yang sampai sekarang baru mengumumkan akan mempertahankan Alex Albon. Namun pembalap kedua masih jadi misteri, nama Mick Schumacher pun digadang jadi kandidat kuat.

“Mick layak bertahan di Formula 1. Kami akan melihat apakah itu terjadi, tapi dia jelas merupakan pilihan bagi kami,” kata bos Williams, Jost Capito.