POPULAR STORIES

Musim Hujan, Pahami Dulu Fungsi Defogger

Musim Hujan, Pahami Dulu Fungsi Defogger Fungsi Defogger (Foto : Bmw.com)

KabarOto.com – Musim hujan sudah tiba, sebagai pengemudi mobil kita dituntut lebih berhati-hati ketika berkendara di jalan. Jangan lupa mengecek apakah karet wiper berfungsi dengan baik, jangan sampai karena sudah terlalu lama dan tidak dicek, bagian karet jadi getas, sehingga tidak menyapu air secara sempurna.

Tapi selain tetesan air yang menghalangi penglihatan, timbul juga embun dan membuat buram kaca akibat suhu dingin. Nah kalau sudah begini, fitur paling menolong adalah defogger.

Dofogger Kaca Belakang Mobil

Buat Sobat KabarOto yang belum tahu defogger, kalau kalian melihat kaca belakang mobil memiliki motif seperti garis-garis, itu bukan stiker, sensor atau hiasan yah, melainkan itu defogger.

Baca Juga : Water Repellant Berikan Efek Daun Talas Pada Bodi Dan Kaca Mitsubishi Xpander

Nah fungsinya sendiri ialah menghangatkan kaca mobil belakang, agar embun tidak menghalangi pandangan pengemudi. Biasanya fitur ini banyak digunakan pada mobil di negara bersalju, tapi banyak juga digunakan pada negara memiliki iklim tertentu.

Fungsi Defogger

Cara kerjanya sendiri ialah, arus kecil akan dialirkan lewat garis-garis penghantar listrik pada kaca belakang tersebut. Nah karena aliran itu, maka suhu kaca akan menjadi hangat dan mencairkan salju atau embun.

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Titik-titik Hitam Pada Kaca Mobil

Sebenarnya tidak hanya kaca belakang, melainkan kaca depan juga. Namun caranya berbeda, sebab kalau kaca depan tidak menggunakan garis-garis arus listrik tersebut, karena akan menghalangi pandangan. Tapi memakai udara panas dari kisi-kisi pada ujung dasbor. Jadi seperti AC, hanya saja udara dikeluarkan hangat untuk menghilangkan embun.

tombol pengaturan ac mobil

Tapi perlu diingat, tidak semua mobil memiliki fitur ini yah. Jika kalian penasaran apakah mobil kalian punya fitur ini atau tidak. Bisa cek pada tombol pengaturan AC, atau tombol sendiri, biasanya lambang defogger ditandai gambar kotak dengan 3 tanda panah melekuk sob. Namun kalau melihat bagian belakang sudah memiliki garis-garis, itu sudah dipastikan defogger.

contoh tombol defogger

Selain itu, defogger hanya digunakan pada saat dibutuhkan saja yah sob. Karena kalau dinyalakan terus menerus, suhu panas dari alat tersebut justru akan membuat kaca retak. Jadi jangan lupa mematikan, ketika sudah selesai dipakai.

Nah sekarang sudah tahu kan fungsi garis-garis, pada kaca belakang itu.