Musim Hujan Sudah Tiba, Periksa Komponen Ini Agar Aman Di Jalan

Musim Hujan Sudah Tiba, Periksa Komponen Ini Agar Aman di Jalan Mobil melintasi jalan saat musim hujan (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba, bagi Anda pemilik mobil harus memeriksa berbagai komponen yang ada pada kendaraan. Agar nantinya berfungsi dengan baik saat digunakan dalam kondisi hujan deras.

Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya:

1. Cek tingkat keausan telapak ban. Cara mengetahui dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Jika telapak ban aus dan telah melewati batas TWI, mobil akan sulit dikendalikan saat berada di jalan licin.

Baca Juga: Tips Menjaga Kualitas Cat Mobil Agar Terus Berkilau

2. Periksa juga tekanan udara ban sesuai standar pabrikan, sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik. Jika ban mobil tekanan udaranya kurang akan berbahaya saat digunakan di jalan raya.

Wiper merupakan komponen penting yang harus tetap baik kondisinya

3. Cek rem mobil. Caranya dengan memeriksa kampas rem masih tebal atau sudah tipis. Jika sudah menipis, maka pemilik mobil harus segera menggantinya. Selanjutnya mengisi tabung minyak rem sesuai takaran yang ditentukan pabrikan.

4. Periksa saluran rem dari kebocoran, kemudian perhatikan kondisi aki mobil dan alternator, agar kinerjanya bisa terjaga untuk menyuplai perangkat listrik yang bekerja ekstra saat musim hujan.

5. Wiper agar dipastikan dalam kondisi baik, agar air hujan di kaca bisa tersapu dengan maksimal. Gagang dan motor penggerak wiper juga harus tetap terjaga. Air pembersih kaca juga jangan sampai kosong, selalu periksa kondisinya. Jika berkurang, harus diisi segera.

Lampu rem harus tetap hidup, tidakboleh mati, untuk memberi tanda jika kendaraan berhenti (Foto: KabarOto)

6. Memeriksa seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, lampu kabut, hingga lampu belakang, jangan sampai ada yang mati. Lampu berperan untuk menerangi jalan dan memberi signal bahwa kendaran kita sedang berada di jalan bersama pengguna jalan lainnya dalam kondisi hujan deras.

Baca Juga: Ini Tips Mobil Mewah Yang Cocok Untuk Investasi

7. Pastikan AC berfungsi baik supaya tidak mengganggu daya pandang pengemudi, lantaran kaca depan berembun. Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal turut menjaga performa mobil di jalan basah. Periksa pula kondisi mesin mobil agar tidak bermasalah di tengah hujan deras.