Musim Hujan Tiba, Mau Ganti Wiper? Berikut Daftar Harganya

Musim Hujan Tiba, Mau Ganti Wiper? Berikut Daftar Harganya

KabarOto.com - Kondisi cuaca, adalah sesuatu yang harus kita perhatikan. Karena perubahan cuaca seperti akhir-akhir ini, juga dapat berpengaruh pada mobil kesayangan anda.

Setelah beberapa waktu lalu kita melewati cuaca panas yang cukup ekstrim. Kini mulai memasuki musim hujan, ditandai dengan hujan yang beberapa kali tiba. Namun, sudah siapkah mobil anda menghadapi musim hujan ini?

Sebagai pengguna mobil, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk menghadapi musim hujan, peranti wiper menjadi keperluan yang wajib selalu dalam kondisi baik dan tentu saja berkualitas.

Baca juga: Yuk, Kenali Sejarah Suzuki Baleno Tiap Generasi

Wiper merek Hella

Yap, peranti wiper memang sering dianggap sepele, seringkali juga luput dari perhatian dan tidak diganti. Padahal fungsi wiper ini sangat penting, bertugas untuk menyapu air di kaca depan agar pandangan kita tidak terlalu terganggu, khususnya pada saat kondisi hujan.

Kondisi wiper yang sudah tidak layak, seperti getas maupun tipis. Tentunya tidak dapat menyapu air secara maksimal di kaca. Efeknya ketika turun hujan, sapuan wiper hanya akan membuat kaca menjadi buram. Karena bulir-bulir air yang masih menempel. Kalau pandangan sudah menjadi buram ketika berkendara, tentu akibatnya menjadi fatal.

Wiper lansiran Bosch model frameless

Namun, tidak perlu khawatir. Ada solusi yang cukup sederhana dalam menghadapi musim hujan. Yaitu dengan mengganti wiper lama yang sudah tidak layak, menggunakan model terbaru yang ada dipasaran.

Nah, ada beberapa jenis wiper tersedia di pasaran. Harganya pun cukup variatif, seperti salah satunya di toko Bali Interior yang berlokasi di MGK kemayoran ini.

Merek PIAA termasuk produk high-end

Berdasarkan hasil wawancara dengan Riyan Sopian selaku Marketing dari Bali Interior. Ia menjelaskan mengenai model-model wiper yang ia jual beserta harganya. “Merek ada Nisima, Bosch, Hella, ada juga merek PIAA” ujarnya.

Merek Nisima memang merupakan merek baru. Riyan mematok harga di Rp 200 ribu sepasang kiri dan kanan tipe frameless. Terkait kualitas wiper Nisima yang dijualnya ia menjelaskan. “Mereknya memang baru belum terkenal lah, kualitasnya juga udah lumayan sih. Udah laku cukup banyak yang Nisima” tukasnya.

Selanjutnya juga ada merek yang cukup familiar dan banyak digunakan, yaitu Bosch. Di Bali interior ini, Bosch model frameless dipatok harga Rp 275 ribu, sementara untuk model full frame-nya dipatok harga Rp 125 Ribu.

Jika ingin merek lainnya juga tersedia Hella. Riyan menambahkan, “Kalau Hella Cuma ada 2 jenis. Yang standard biasanya bawaan mobil-mobil Avanza Rp 175 ribu sepasang. Kalau Hella Razor hybrid sepasang Rp 400 ribu.”

Baca juga: Lips Pelek Seperti Kaca? Repolish Solusinya Sob

Cairan pembersih lansiran Hella

Untuk wiper Hella ini, juga ada kelebihannya tersendiri. “Kelebihannya kalau razor itu framenya kekar. Ada lapisan plastiknya lagi. Dia kalau model-model mobil Alphard dia pakainya tipe hybrid," tambah Riyan.

Selain itu, untuk pembelian Wiper Hella tipe Razor. Ternyata sudah mendapat cairan pembersih juga loh. “Iya, kalo yang razor ada cairan pembersihnya. Dia dapet dari sananya udah 1 set. Udah dapet plus cairannya. Seperti cairan sabun itu,” jelas Riyan.

Kalau mau cari wiper yang tergolong high-end, ternyata juga tersedia disini yaitu merek PIAA. “Yang paling mahal disini adalah merek PIAA. Modelnya hanya 1 macam. Dan Cuma model pisang (frameless), karetnya lebih bagus. Produknya tahan terhadap panas, terus nyapunya juga lebih bersih lagi. Soalnya bahannya karet silicon. Kalo yang lain ada yang karet biasa, kualitas karetnya yang bagus. PIAA dibanderol Rp 950 ribu,” tutup Riyan.

Nah, kalau mau ganti wiper, jangan lupa untuk sesuaikan ukurannya ya. Karena ukuran wiper untuk setiap jenis mobil dapat berbeda-beda. Jangan sampai sudah beli wiper, ukurannya malah tidak pas. Atau cara terbaik adalah membawa mobilnya langsung ke bengkel, memasang wiper di tempat.

Jadi, kalau wiper sekiranya sudah tidak layak. Segera diganti ya. Supaya jarak pandang berkendara tetap optimal di musim hujan ini. (Gregorius Nikolaus.P)