MV Agusta Brutale 1000 RR "The Extreme Hyper Naked"

MV Agusta Brutale 1000 RR "The Extreme Hyper Naked"

KabarOto.com - Pastinya, penggemar motor kencang tertantang dengan klaim "The Extreme Hyper Naked" lansiran Italia ini yakni MV Agusta Brutale 1000 RR. Punya kombinasi desain sangar dan performa liar.

Yup, MV Agusta yang bermarkas di Varese ini mengabarkan bahwa performa mesin empat silinder 998 cc sangat dahsyat berkat kompresi 13,4:1. Memiliki tenaga hingga 208 dk pada 13.000 rpm dan torsinya 116,5 Nm pada 11.000 rpm.

Baca juga: Kepolisian Italia Mendapatkan Hibah MV Agusta Turismo Veloce

Para teknisi sudah menyempurnakan performanya melalui camshaft timing yang meningkatkan kurva torsi di putaran bawah. Efisiensi yang dituntut dari motor besar di Eropa, telah disetel ulang berkat rasio transmisi baru dan mereduksi gesekan, begitu juga materialnya diperkuat.

Alur pipa gas buang juga telah diperbarui, membuat suaranya lebih memancing adrenalin. Oh iya, meski tenaganya terbilang liar, tak perlu ciut nyali untuk memilikinya. MV Agusta menambahkan bahwa material titanium dipakai di connecting rod dan juga klep masuk dan keluar.



Bobot kering motor yang hanya 186 kg ini diklaim bisa melesat lebih dari 300 kpj. MV Agusta meyakini bahwa Brutale 1000 RR stabil ketika kecepatan tinggi dan lincah saat bermanuver.

Hal tersebut berkat tipe frame bermaterial ringan CrMo Steel tubular trellis dan juga material fairing serat karbon dan thermoplastic.



Kencangnya lari motor dan respons dari bukaan gas, MV Agusta telah mempersiapkan peranti deselerasi yang mumpuni. Diperkenalkan rem ABS berteknologi Continental MK100 dengan RLM (Rear Wheel Lift-up Mitigation) dengan fungsi menikung. Memastikan motor bisa dikendalikan dan tak tergelincir saat menekan tuas rem kelewat dalam.

Rem lansiran Brembo ini memakai kaliper Brembo Stylema sebanyak empat piston dan diameter cakram ganda di depan 320 mm. Sedangkan cakram tunggal di belakang 20 mm dikawal kaliper piston ganda 34 mm.



Redaman ke permukaan jalan, untuk suspensi depan tipe up-side down Ohlins Nix EC 43 mm dengan TiN superficial treatment. Bisa disetel secara elektronik untuk redamannya dan bisa juga secara manual untuk setelan pegasnya. Jarak main suspensi 120 mm.

Redaman belakang mengontrol lengan ayun tunggal bermaterial aluminium alloy, gunakan suspensi progresif Ohlins EC TTX. Punya jarak main 120 mm. Nah, untuk steering damper dipasangkan Ohlins EC.



Cengkeraman ke permukaan aspal, Brutale 1000 RR andalkan profil ban 120/70 ZR17 untuk depan dan 200/55 ZR17 untuk belakang.

Baca juga: MV Agusta Rush 1000, Kini Lebih Ramah LIngkungan

Setelah melihat segala keunggulan yang dipakai di Brutale 1000 RR, perihal dimensinya memiliki panjang 2.080 mm, lebar 805 mm. Tinggi jok disiapkan 845 mm dengan minimum ground clearance 141 mm. Jarak sumbu rodanya 1.415 mm.



Bila berminat dan masih ada lebihan di tabungan, MV Agusta Brutale 1000 RR ini bisa ditebus 32.300 euro, atau bila dirupiahkan sekitar Rp 555 jutaan.