MV Agusta Rush 1000, Kini Lebih Ramah LIngkungan

 MV Agusta Rush 1000, Kini Lebih Ramah LIngkungan

KabarOto.com - Koleksi naked bike di garasi Sobat KabarOto sepertinya wajib ditambah untuk tahun ini. Sebab MV Agusta melansir telah memperkenalkan kebaruan MV Agusta Rush 1000, diproduksi terbatas 300 unit.

Varese yang merupakan basis manufaktur MV Agusta memastikan MV Agusta Rush 1000 main ekstrem naked bike yang disajikan dalam hal desain hingga performa. Tapi tetap memperhitungkan faktor keselamatan penggunanya saat melesat di jalan raya.

Baca juga: Kepolisian Italia Mendapatkan Hibah MV Agusta Turismo Veloce



Agar tak semakin penasaran, kita ulas dulu mesin empat silinder segarisnya. Kapasitas tepatnya 998 cc mampu kerahkan tenaga 208 dk pada 13.000 rpm. Sedangkan torsinya 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Sebelumnya hanya ada dua knalpot, kini empat pipa menyembul di bagian buritan.

Dahsyat performa tersebut berkat tekanan kompresi di ruang mesih hingga 13,4:1. Suplai bahan bakar gunakan injeksi langsung MVICS 2.1 sebanyak delapan buah. Empat injeksi semburan perlahan lansiran Mikuni, sedangkan empat sisanya bertekanan tinggi dipasok dari Magnetti Marelli Throttle body berukuran 50 mm full ride by wire racikan Mikuni.



Minim gesekan dan kekuatan rumah katup berkat DLC (Diamond Like Carbon). Hebatnya lagi, emisi gas buang bisa mengimbangi standar Euro 5.

Seperti diungkapkan di atas, meski terlihat sangar dan performanya mengudang adrenalin. Pengendara bisa mempersiapkan terlebih dahulu sesuai nyali, torque control dengan empat setelan dan kontrol traksi ada delapan tingkatan. Jadi, ban depan bisa dibuat minim terangkat.



Melesat 300 kpj tak menemui kendala penurunan putaran mesin, sebab tuas transmisi langsung bisa dipindah berkat electronic quick-shift MVEAS 3.0. Tak perlu menarik tuas kopling, sehingga mempersingkat akselerasi.

Kopling tipe basah, multi-disc dengan back torque limiting. Brembo radial pump menjadi alat fungsikan tuas perpindahan gigi. Transmisi Cassette type enam percepatan.



Performa mesin yang buas tersebut dipegang oleh frame CrMo Steel model pipa tubular. Lengan ayunnya berbahan aluminium alloy. Pengendalian tak akan liar, sebab Öhlins sudah sajikan tipe up-side down Öhlins Nix EC diameter 43 mm. Redamannya 120 mm bisa disetel secara elektronik, apakah ingin keras atau lembut.

Suspensi belakang tunggal tipe progressive, Öhlins EC TTX, bisa juga disetel secara elektronik untuk redamannya. Jarak mainnya juga 120 mm.



Meredam akselerasi kuat ketika ingin lebih cepat masuk tikungan, cakram ganda 320 mm sudah dikawal kaliper lansiran Brembo Stylema empat piston. Cakram belakang tunggal 220 mm dipegang oleh Brembo 2 piston kaliper. ABS sudah jadi kelengkapan standar, Continental MK100 dengan RLM (Rear Wheel Lift-Up Mitigation) dan fungsi saat menikung.

Pelek aluminium diameter 17 inci, bagian depan gunakan ban profil 120/70 ZR17. Sementara ban belakang berprofil 200/55 ZR17.



Nah, kini membahas bagian bodi sangarnya. MV Agusta memastikan bahwa material yang digunakan serat karbon dan perpaduan thermoplastic. Bobot kering kendaraan 186 kg. Tangki bahan bakar bisa diisi 16 liter.

Baca juga: MV Agusta Rush 1000, Melesat Seperti Pembalap MotoGP

Oh iya, dimensi motor memiliki panjang 2.080 mm, lebar 805 mm dan jarak sumburoda 1.415 mm. Tinggi jok 845 mm, ground clearance 141 mm.

Fitur eksklusif lainnya adalah panel instrumen TFT 5,5 inci. Bisa menginformasikan cruise control, bluetooth GPS gunakan MV Ride App untuk navigasi mirroring dari ponsel, bisa juga juga setel suspensi dan performa mesin.