POPULAR STORIES

MV Agusta Luncurkan 3 Model RC Limited Edition 2022

MV Agusta Luncurkan 3 Model RC Limited Edition 2022 Trio MV Agusta RC Limited Edition (foto : MV Agusta)

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Italia, MV Agusta baru-baru ini meluncurkan trio motor Reparto Corse (RC) dalam edisi terbatas.

Reparto Corse sendiri merupakan Bahasa Italia dari Departemen Balap. Artinya, ketiga model RC 2022 ini terinspirasi dan mengambil DNA balap MV Agusta. Ketiga motor tersebut yaitu F3 RC, Dragster RC SCS, dan Turismo Veloce RC SCS. Trio motor ini sudah dibekali beragam komponen dan racing kit untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda.

Baca Juga : MV Agusta Superveloce Testalarga, Hanya 1 Unit!

MV Agusta F3 RC 2022

Dimulai dari MV Agusta F3 RC 2022, motor supersport ini dipakai balapan oleh Bahattin Sofuoglu dan Niki Tuuli di ajang Supersport World Championship. Motor ini dibekali suspensi depan upside-down (USD) 43 mm dari Marzocchi yang dilapisi bahan titanium nitrida. Bahan itu untuk mengurangi gesekan. Sementara itu, suspensi belakang dari Sachs yang memiliki fitur rebound compression, dan preload adjustment.

Lalu, penggunaan pelek multipalang yang memiliki bobot lebih ringan sekitar 10 persen. Pelek ini disandingkan dengan cakram ganda 320 mm berkaliper 4 piston radial dari Brembo, sedangkan belakang cakram 220 mm berkaliper 2 piston.

Sementara itu untuk racing kitnya, F3 RC ini dibekali mesin tiga silinder 798 cc dengan keluaran tenaga 147 dk dengan torsi 88 Nm. Tenaga besar tersebut berkat penggunaan knalpot Akrapovic full titanium dengan special racing mappings. Untuk menjinakkan tenaga yang besar itu, dihadirkan fitur traction control system dengan 8 pengaturan berbeda.

Baca Juga : Ducati Panigale V4 2023 Dapat Upgrade Elektronik Terbaru

MV Agusta Dragster RC SCS 2022

Berikutnya MV Agusta Dragster RC SCS 2022, sama seperti sebelumnya motor ini dibekali suspensi depan USD dari Marzocchi berdiameter 43 mm dan suspensi belakang Sachs.

Dari segi performa, motor ini memiliki tenaga lebih rendah sekitar 7 dk dari F3 RC. Tetapai, untuk torsinya hanya berbeda 1 Nm saja. Meski begitu, top speednya lebih tinggi dari versi fairingnya yaitu 244 kpj sementara untuk F3 hanya 239 kpj. Lalu, perbedaannya Dragster menggusung knalpot SC Project.

MV Agusta Turismo Veloce RC SCS 2022

Terakhir, MV Agusta Turismo Veloce RC SCS 2022. Berbeda dari kembarannya, motor adventure ini tidak dibekali fitur untuk meningkatkan performa, hanya dibekali fitur Smart Clucth System yang dikembangkan MV Agusta bersama dengan Rekluse. Fitur ini akan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih mudah, santai dan sporty.

Bicara soal harga, sayangnya pihak pabrikan tidak menyinggung nih Sob. Tetapi, MV Agusta hanya memproduksi 200 unit untuk F3 RC, serta 300 unit untuk masing-masing Dragster RC SCS dan Turismo Veloce RC SCS.