POPULAR STORIES

Naik Motor Kustom, Menhub Kampanyekan Safety Riding Bareng Komunitas Di Palembang

Naik Motor Kustom, Menhub Kampanyekan Safety Riding Bareng Komunitas di Palembang Kemenhub manikin motor custom (Kemenhub)

KabarOto.com - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi punya cara unik dalam mengkampanyekan pentingnya keselamatan berkendara, dengan mengajak komunitas sepeda motor untuk melakukan city riding di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada hari Sabtu (10/12).

Selain riding, Budi Karya juga mengadakan talk show atau diskusi, dengan memberikan tiga kunci keselamatan dalam berkendara kepada generasi milenial. Tiga kunci atau syarat penting dalam berkendara yaitu menggunakan helm, mengatur kecepatan dengan baik, dan memastikan kondisi motor bagus. Menhub juga menegaskan untuk menggunakan helm harus sampai klik.

"Kemenhub ingin safety riding menjadi satu bagian yang penting dalam berkendara. Syarat berkendara dengan baik dan benar itu ada tiga, yaitu harus pakai helm, mengatur kecepatan dengan baik, ketiga pastikan motor itu dalam kondisi bagus," ujar Budi Karya.

Bagi-bagi helm gratis

Lebih lanjut Budi mengatakan, jika berkendara merupakan kegiatan sehari-hari juga hobi bagi sebagian kalangan. Hanya saja masih ada yang belum melakukan kegiatan tersebut dengan cukup baik.

"Berkendaraan atau riding ini adalah suatu kegiatan sehari-hari juga hobi. Tapi tidak semuanya melakukan hobi itu dengan baik. Mereka ini kita ajak duduk bersama agar merasa menjadi bagian dari kita. Setelah menjadi bagian kita, baru kita ajak bicara yang umum, selanjutnya kita beritahu bagaimana seharusnya untuk menjadi pengendara yang baik," tambah Budi Arya.

Baca Juga: Dealer Di Jakarta Ini Akan Jual Honda Monkey Hanya 20 Unit

Berdasarkan data dari Kepolisian, penyebab kematian nomor dua di dunia adalah kecelakaan lalu lintas. Di Indonesia sendiri angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor mencapai 72%.

Kecelakaan lalu lintas, mayoritas dialami oleh generasi millenial. Kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh kelompok usia 20-29 tahun sebesar 13.441 orang pada 2017, sedangkan peringkat kedua adalah kelompok usia 10-19 tahun yaitu 8.906 orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada 2017. Dengan menggunakan helm dengan benar, dapat mengurangi 40% resiko kematian akibat kecelakaan.

Baca Juga: Profil - Yamaha R25

Lebih lanjut Menhub menjelaskan perlu adanya sosialisasi kepada generasi millenial sehingga mereka tidak melakukan perbuatan yang salah dalam berkendara.

"Ya, jadi 70 persen yang mengalami kecelakaan adalah mayoritas generasi milenial. Dipicu karena faktor kurang paham cara berkendara dengan baik dan benar. Oleh karena itu mereka harus perlu tahu cara berkendara yang benar, sehingga tidak melakukan perbuatan yang tidak mereka sadari," tutup Budi Arya.