Naik Motor Saat Berpuasa, Simak Tips Ini Sob

Naik Motor Saat Berpuasa, Simak Tips Ini Sob

KabarOto.com - Faktor cuaca dan kondisi lalu lintas membuat mengendarai sepeda motor saat berpuasa menjadi lebih berbahaya dibandingkan dengan mengendarai mobil.

Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan pengendara sepeda motor harus lebih memperhatikan riding gear yang digunakan untuk faktor keselamatan.

“Pengendara sepeda motor harus menggunakan riding gear yang benar, seperti jaket denim, celana panjang dan sepatu khusus untuk mengendarai motor,” jelasnya.

Baca Juga : Pentingnya Riding Gear Saat Mengendarai Motor

Selain itu, durasi berkendaranya juga harus dipersingkat, tidak boleh lebih dari 10 jam. Karena bagaimanapun pengendara sepeda motor lebih beresiko mengalami dehidrasi.

“Saat terjadi dehidrasi, mungkin kondisi tubuh kita tidak langsung terdampak. Tapi, kalau dibiarkan terus-menerus tidak akan baik juga untuk tubuh kita,” jelas Jusri.

Baca Juga : Ini Riding Gear Yang Wajib Digunakan Saat Off-Road

Bukan hanya itu, berkendara sepeda motor atau mobil saat berpuasa juga tidak direkomendasikan saat malam hari.

“Perjalanan pada malam hari lebih beresiko dibandingkan dengan siang hari. Faktornya, tentu saja visibilitas, oksigen yang kurang, jalur yang monoton dan faktor eksternal seperti pengendara lain yang tidak menggunakan lampu dan lain-lain,” ungkap Jusri.