Pentingnya Riding Gear Saat Mengendarai Motor

Pentingnya Riding Gear Saat Mengendarai Motor

KabarOto.com - Saat ini, sepeda motor bisa dikendarai oleh siapa saja, laki-laki, perempuan, orang dewasa bahkan anak-anak di bawah 17 tahun. Namun sangat disayangkan, banyak pengendara yang masih tidak memperdulikan keselamatan dirinya saat berada di jalan.

Mereka tidak menggunakan riding gear lengkap yang fungsinya untuk melindungi tubuh dari hal-hal yang tidak dinginkan. Padahal riding gear ini perlengkapan yang wajib digunakan oleh pengguna motor di jalan raya.

Baca Juga: Ingin Selamat Di Jalan? Ini Tips Berkendara Dari Astra Honda Motor

Riding gear yang dimaksud adalah helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Riding gear ini, menurut Ludhy Kusuma, Safety Riding Development PT Daya Adicipta Motora sangat penting, untuk meminimalisir saat terjadi kecelakaan. "Bisa melindungi tubuh kita saat terjadi kecelakaan," terangnya.

Riding gear merupakan kelengkapan berkendara yang harus digunakan secara keseluruhan, karena tubuh kita harus terlindungi seluruhnya secara utuh ketika terjadi suatu kecelakaan atau pada suatu kondisi darurat. Kecelakaan berkendara tidak mengenal waktu dan tempat, dimana pun dan kapan pun potensi kecelakaan akan selalu ada ketika kita sedang berkendara.

Untuk itu, menurut dia, semua pengendara motor wajib mempersiapkan diri dengan selalu melindungi seluruh organ tubuh yang penting untuk dijaga. "Tubuh-tubuh yang yang bisa menyebabkan terluka apabila mengalami kecelakaan saat berkendara, harus dijaga," tambahnya.

Dia mencontohkan, helm berfungsi sebagai pelindung kepala, jaket melindungi tubuh bagian atas dari gesekan dan benturan, sarung tangan melindungi telapak tangan, celana panjang melindungi seluruh kaki dari gesekan dan benturan, dan sepatu melindungi bagian mata kaki hingga telapak kaki.

Baca Juga: Bikers, Ini Tips Berkendara Selama Puasa Agar Selalu Konsentrasi

Dia menyarankan, untuk selalu melindungi diri dengan riding gear yang lengkap dan aman. "Jika pakai riding gear harus membuat nyaman saat berkendara, misalkan helm ukurannya pas," tambah dia.