POPULAR STORIES

Negara Tujuan Terpapar Covid-19, Ekspor Motor Honda Menurun

Negara Tujuan Terpapar Covid-19,  Ekspor Motor Honda Menurun Pabrik sepeda motor Honda

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 membuat industri otomotif menurun drastis. Bukan hanya penjualan di dalam negeri yang turun drastis, ekspor ke luar negeri pun menurun. Hal tersebut karena hampir semua negara tujuan ekspor melakukan lockdown untuk memutus penyebaran virus Corona.

Salah satu produsen sepeda motor yang mengalami penurunan ekspor adalah PT Astra Honda Motor. Perusahaan dengan lambang sayap mengepak ini merasakan penurunan ekspor sejak pertama kali Corona mewabah, di Indonesia dan negara lainnya.

Baca Juga: Honda Akui Jualan Motor Secara Online Meningkat Signifikan

Hal tersebut diakui Thomas Wijaya, Marketing Director AHM, menurutnya kinerja ekspor Honda Indonesia turun, karena negara tujuan ekspor mengalami pandemik juga, dan negara tujuan ekspor yang berada di Asia sudah terkena dampak Covid-19 lebih dahulu dari Indonesia.

"Mengenai ekspor kami lihat negara tujuan terbesar kita ada di Asia, untuk CBU Filipina, untuk CKD ke Jepang, Thailand, dan Vietnam," terangnya secara virtual kepada jurnalis otomotif. Thomas melihat di negara Asia dampak Covid-19 ini sudah lebih awal. Indonesia baru Maret-April, negara lain sudah mulai Februari-Maret.

Thomas menuturkan kinerja ekspor AHM ke sejumlah negara melemah dimulai pada Maret 2020. Pada saat itu, Indonesia baru mendapatkan kasus Covid-19 pertama. Sedangkan soal angka penurunannya menurut Thomas mencapai 20-30 persen.

"Untuk kondisi sementara ini kami lihat bahwa dampak dari Covid-19 di pasar ekspor, bisa terkoreksi 20-30 persen. Terutama di negara Asia yang cukup besar dampak Covid-19," pungkasnya.

Baca Juga: Bangkitkan Perekonomian, Honda Rencanakan Permudah Kepemilikan Motor

Thomas menambahkan, salah satu negara yang melakukan lockdown dan belum kembali pulih adalah Filipina. Sedangkan menurut Thomas, Thailand dan Vietnam sudah pulih dan kembali beroperasi pada pertengahan Mei.