New Sirion Tidak Dilengkapi Fitur Keselamatan ASA, Ini Jawaban Daihatsu Indonesia

New Sirion Tidak Dilengkapi Fitur Keselamatan ASA, Ini Jawaban Daihatsu Indonesia Daihatsu New Sirion (Foto: Sigit/Kabaroto.com)

KabarOto.com - Daihatsu New Sirion yang diluncurkkan di Indonesia berstatus CBU dari Malaysia. Meskipun diproduksi di tempat yang sama, hatchback ini memiliki perbedaan dari segi varian dan fitur yang ditawarkan.

Dari jumlah varian, di Negara asalnya New Sirion ditawarkan dalam lima varian. Sedangkan, di Indonesia hanya dua varian 1.3 X dan 1.3 R yang dibanderol mulai dari Rp 227 jutaan hingga 236 Jutaan.

Bukan hanya itu, New Sirion di Malaysia sudah dibekali fitur keselamatan Advanced Safety Assist (ASA), sedangkan di Indonesia tidak ada.

Baca Juga : Simak Ubahan Dan Fitur Terbaru Daihatsu New Sirion

Menurut keterangan Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Dendy Triyanto megatakan New Sirion di Indonesia belum dilengkapi fitur ASA karena mempertimbangkan harga jualnya.

"Jika New Sirion yang dipasarkan di Indonesia menggunakan fitur ASA, harganya jadi mahal. Kita juga melihat kebutuhan konsumen di sini," jelas Dendy.

Presentasi ubahan pada Daihatsu New Sirion

Dendy menambahkan, jika New Sirion menggunakan teknologi ASA harganya bisa lebih mahal sekitar Rp 10 jutaan.

Baca Juga : Dua Varian Daihatsu New Sirion Meluncur, Harganya Rp227 Jutaan

"Dari survei yang kami lakukan kepada konsumen, New Sirion masih cukup aman karena sudah ada airbag-nya kanan-kiri, dan nilai NCAP sudah tinggi. Jadi saat ini belum perlu," tambahnya.

Mengacu pada Daihatsu Sirion yang dipasarkan di Malaysia dengan nama Perodua Myvi. Hatchback ini bukan hanya mendapatkan ubahan pada transmisi, tapi juga mendapatkan fitur keselamatan aktif ASA Advanced Safety Assist (ASA).

Fitur keselamatan tersebut, terdiri dari Adaptive Cruise Control, Pre Collision Warning, Pre Collision Braking dengan Auto Emergency Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Auto High Beam.