Nico Rosberg Ungguli Lewis Hamilton

Alif Sowandono
Alif Sowandono 16 Nov 2015 - 10:58
Nico Rosberg Ungguli Lewis Hamilton
suasana start F1 Brazil 2015 (foto:formula1.com)

Nico Rosberg berhasil meraih podium pertama di Brasil mengungguli rekan setim-nya Lewis Hamiton dan pebalap Ferrari Sebastian Vettel yang mengisi posisi 2 dan 3. Tak hanya berhasil meraih Pole Position 5 kali berturut-turut, kemenangan Rosberg hari minggu kemarin juga mengamankan posisinya sebagai runner-up klasemen pebalap Formula 1 untuk kedua kalinya sejak tahun 2014.

Saat start dimulai, Nico Rosberg dan Hamilton hampir gagal meneruskan lomba saat keduanya hampir bertabrakan di tikungan pertama. Namun akhirnya Hamilton harus mengalah karena Rosberg memiliki posisi yang lebih unggul saat memasuki tikungan pertama dan tetap menempel Rosberg dengan ketat hingga akhir lomba. Tak hanya Rosberg, posisi Hamilton saat lomba juga terancam oleh Vettel yang juga berhasil merapatkan jarak dengan dirinya karena unggul dengan pilihan ban kompon lunak sehingga memberikan traksi yang lebih baik dibanding ban kompon medium yang digunakan oleh Hamilton. Tetapi keunggulan pemilihan kompon ban juga tidak terlalu berpengaruh hingga bendera finish berkibar.

Selebrasi Nico di F1 Brazil 2015 (foto: formula1)

Selebrasi Nico di F1 Brazil 2015 (foto: formula1)

Sementara itu di barisan tengah, Kimi Raikkonen berhasil finish di posisi ke-4 setelah bertarung cukup sengit dengan Valtteri Bottas dan hampir mengulangi insiden tabrakan keduanya di GP Meksiko sebelumnya. Posisi ke-6 kemudian diraih oleh Nico Hulkenberg (Force India) setelah mengungguli Daniil Kvyat (Red Bull) dan diikuti oleh Felipe Massa di posisi ke-8. Sayangnya poin bagi Felipe Massa kemudia dianulir di akhir lomba oleh steward balapan saat diketahui bahwa ban roda belakang mobilnya melewati batas temperatur maksimal yang diperbolehkan saat start.

Dengan dibatalkannya poin Massa, posisi ke-8 hingga 10 digantikan oleh Romain Grosjean (Lotus), Max Verstappen (Toro Rosso) dan Pastor Maldonado (Lotus) yang sebelumnya finish di posisi 11. Verstappen juga sempat mencuri perhatian saat dirinya bersaing ketat dengan Sergio Perez dan Romain Grosjean di tikungan 'Senna S' pada lap ke-32. Insiden lain di tikungan 'Senna S' juga terjadi saat mobil Daniel Ricciardo (Red Bull) menyenggol mobil milik Marcus Ericsson (Sauber) hingga melintir keluar sirkuit dan diganjar pinalti waktu 5 detik walau akhirnya finish di posisi ke-11 diikuti oleh Sergio Perez (Force India) dan pebalap Brasil lainnya, Felipe Nasr (Sauber) di posisi 13.

Barisan finish terakhir diisi oleh Jenson Button dan Fernando Alonso dari tim McLaren-Honda diikuti oleh Marcus Ericsson dan dua pebalap tim Marussia, Will Stevens dan Alexander Rossi. Sedangkan satu-satunya pebalap yang tersingkir dari lomba akibat masalah teknis hanyalah Carlos Sainz Jr. (Toro Rosso) sejak gagal menyelesaikan lap pembuka sebelum start dimulai.

Baca juga: